PENYAKIT DAN RESEP HERBAL HPA

 Kekuatan Fitrah Manusia
Inilah sesungguhnya Pengobatan thibun Nabawy itu
Pengobatan Thibun Nabawy adalah Pengobatan HOLISTIC (Menyeluruh)
Islam telah mengajarkan kepada kita bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya, Allah yang menurunkan penyakit dan Dia juga meurunkan obatnya. (Al Hadits)
Resep Herbal HPA

Sebagai pedoman bagi orang sakit, sebenarnya  dibekalkan dengan kekuatan fitrah, yaitu kekuatan yang bisa menolak atau mencegah kita dari penyakit. kekuatan ini dikenali sebagai imunitas (daya tahan tubuh).

Kekuatan ini bergantung kepada 4 faktor:

1. Spiritual 50%
2. Mental 20%
3. Emosi 20%
4. Fisikal 10% 

Spiritual  memainkan peranan penting dalam kesembuhan. Dalam sebuah penelitian, orang yang memiliki ketabahan dan optimis bisa melawan penyakit.

Manakala obat hanya 10% berperanan dalam proses kesembuhan, 90% lagi bergantung kepada spiritual, emosi dan mental. Inilah yang dinamakan penyembuhan secara HOLISTIC (menyeluruh) bukan hanya dari segi fisik namun juga dari segi spiritual.

Berikut Penyakit dan Resep Herbal HPA :

1. ALERGI

Keadaan dimana seseorang menjadi sangat rentan terhadap bahan/senyawa tertentu yang belum tentu menimbulkan gangguan yang sama pada orang lain.

Dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Reaksi alergi dapat timbul setelah beberapa kali terpapar dengan alergan ( bahan/senyawa penyebab alergi)

GEJALA :
Mata merah,bengkak dan berair; Hidung mengeluarkan banyak lendir,bersin dan lainnya; Saluran nafas berlendir,nafas sesak,batuk,nafas bunyi dan asma; Lambung/usus halus lebih aktif sehingga terjadi gerakan peristaltik yang berlebih yang menyebabkan diare atau kolik pada perut; Persendian sakit,nyeri,kemerahan,bengkak; Kulit bercak merah atau timbul biduran disertai gatal.

Resep Herbal HPAnya :
- Antirac/SJ2 3 x 3 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset 
- Minyak Butbut (MPH) : balurkan hangat di dada sebelum tidur
=========================================
2. AMANDEL (TONSIL)

Tonsil atau istilah umum yang banyak dikenal orang dengan sebutan amandel adalah jaringan limfoid (kelenjar getah bening) yang terletak pada kerongkongan dan sebelah kiri dan kanan belakang rongga mulut.

GEJALA :
Nyeri tenggorok, Bau mulut, Demam, Rasa lemah. Sukar/nyeri waktu makan, Kurang nafsu makan. Nyeri pada teling (refered pain). Tidur mengorok, Bicara sengau/bindeng. Henti nafas saat tidur (Obsttructive sleep apnea). Pembesaran kelenjar getah bening leher.

Resep Herbal HPA nya :
- Semprot IMS di Mulut dan Bawah Lidah
- Spirulina : 3 x 2 kapsul
- Healthy Food 2 x 2sdm
=========================================
3. AMBEIEN (WASIR)

Ambeien atau Wasir adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

GEJALA :
Gejala patologis wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya timbul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus.

Resep Herbal HPA nya :
- HTA/PELAWAS 3 x 3 Kapsul
- Spirulina : 3 x 2 kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
=========================================
4. AMNESIA

Amnesia atau hilang ingatan adalah istilah yang digunakan saat seseorang tidak bisa mengingat informasi, pengalaman, atau kejadian tertentu. Kondisi ini dapat terjadi tiba-tiba atau semakin parah secara perlahan-lahan.

Ingatan yang hilang bisa berupa hal yang baru saja terjadi atau kenangan yang telah lama berlalu. Orang yang mengidap amnesia juga bisa mengalami kesulitan dalam mempelajari informasi baru atau membentuk ingatan baru.

Amnesia bisa dikategorikan dalam dua jenis utama. Pembagian ini berdasarkan jenis ingatan pengidap yang mengalami gangguan. Kedua jenis amnesia tersebut adalah:

Amnesia anterograde yang terjadi ketika penderitanya kesulitan untuk mengingat hal-hal yang terjadi setelah periode atau tanggal tertentu. Pengidap amnesia ini hanya bisa mengingat hal-hal untuk jangka pendek.

Amnesia retrograde, yaitu jenis amnesia di mana penderitanya tidak bisa mengingat informasi masa lalu sebelum periode atau tanggal tertentu. Contohnya, kehilangan ingatan sebelum tanggal menjalani operasi besar atau mengalami kecelakaan.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan mengingat kita umumnya akan mengalami penurunan. Meski demikian, amnesia juga bisa menjadi gejala dari penyakit atau masalah kesehatan yang lebih serius. Anda lebih baik memeriksakan diri ke dokter jika mengalami hilang ingatan yang mengkhawatirkan Anda, misalnya hilang ingatan yang terjadi tanpa penyebab yang jelas.

PENYEBAB :

Amnesia bisa disebabkan oleh berbagai jenis kondisi, khususnya yang memengaruhi kinerja otak. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Cidera pada kepala, misalnya akibat kecelakaan.
  • Stroke.
  • Ensefalitis atau peradangan otak.
  • Penyakit atau kondisi tertentu, misalnya penyakit Alzheimer dan tumor otak.
  • Ketergantungan minuman keras untuk jangka panjang.
  • Trauma psikologis, misalnya pada korban kejahatan seksual.

Resep Herbal HPA nya :
- Sea Omega Squa (SOS) 3 x 3 Kapsul
- SJ2: 3 x 3 kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Minyak Pak Haji (MPH) : balurkan sesering mungkin ke seluruh tubuh termasuk kulit kepala
- Lakukan Berbekam
=========================================
5. Apendisitis / Radang Usus Buntu

Radang usus buntu adalah peradangan usus buntu, sebuah organ yang merupakan tabung sepanjang 1,5 cm membentang dari usus besar. Tidak ada yang benar-benar yakin apa fungsi apendiks. Satu hal yang kita tahu bahwa kita bisa hidup tanpa apendiks.

Radang usus buntu adalah keadaan darurat medis yang membutuhkan operasi yang cepat untuk mengangkat apendiks. Tanpa diobati, usus buntu yang meradang akhirnya akan meledak, atau dalam bahasa medis disebut perforasi, sehingga mengeluarkan isinya ke dalam rongga perut. Hal ini dapat menyebabkan peritonitis, peradangan serius dari rongga lapisan perut (peritoneum) yang bisa berakibat fatal kecuali jika ditangani dengan cepat dengan antibiotik yang kuat.

Kadang-kadang Radang usus buntu berisi nanah abses yang dapat menuju keluar usus buntu yang meradang dan jika abses pecah akan membentuk jaringan parut. Jaringan parut dan abses inilah membuat apendiks menjadi bengkak, dan tersumbat. Maka, meskipun apendiks belum perforasi, semua kasus apendisitis diperlakukan darurat, yang membutuhkan pembedahan sebagai bentuk penanganannya.

GEJALA :
  • Nyeri dekat pusar atau perut bagian atas yang menjadi semakin tajam ketika bergerak ke perut kanan bawah. Ini biasanya merupakan tanda pertama.
  • Kehilangan selera makan
  • Mual dan/ atau muntah segera setelah sakit perut dimulai
  • Pembengkakan perut
  • Demam
  • Ketidakmampuan untuk flatus (kentut)

Resep Herbal HPA nya :
- Sea Omega Squa (SOS) 3 x 3 Kapsul
- ZAITUN:  3 x 2 sdm 
- HTA 3 x 3 Kapsul
=========================================
6. Arteriosklerosis

Arteriosklerosis adalah kondisi dimana terjadi penyempitan dan pengerasan di dalam pembuluh darah arteri akibat pengendapat kolesterol dan zat lemak lainnya. Penyakit ini juga dikenal dengan istilah pengapuran pembuluh darah.Arteriosklerosis bisa terjadi pada arteri otak (stroke), jantung (jantung koroner), ginjal, organ vital lainnya dan lengan serta tungkai.

GEJALA:
Gejala awal bisa berupa nyeri atau kram yang terjadi pada saat aliran darah tidak dapat mencukupi kebutuhan akan oksigen.

Resep Herbal HPA nya :
- Sea Omega Squa (SOS) 3 x 3 Kapsul
- Minyak Zaitun: 3 x 2 sdm
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
7. Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

GEJALA:
Gejala GERD yang dirasakan adalah sensasi rasa terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati. Akibatnya, kita akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan.

Mulut serta kerongkongan juga akan terasa tidak enak. Kita juga akan mengalami rasa sakit dan kesulitan saat menelan makanan. Perawatan secara serius akan diperlukan jika gejala GERD di atas muncul secara terus-menerus.

PENYEBAB :
Penyakit asam lambung atau GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphincter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke perut. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di perut agar tidak naik kembali ke kerongkongan atau esofagus.

Jika tidak LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor kelebihan berat badan, keadaan hamil, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- HTA 3 x 2 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
8. Asam Urat

Asam urat atau gout adalah jenis radang sendi yang dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada sendi, terutama pada jempol kaki. Peradangan sendi ini disebabkan oleh penumpukan kristal natrium urat, yaitu limbah alami tubuh.

Asam urat adalah salah satu hasil pemecah zat purun di dalam tubuh.Selain nyeri, penyakit asam urat juga dapat membuat persendian membengkak, meradang, panas dan kaku. 

Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni.Sebagian kecil lainnya asam urat disebabkan karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan.

GEJALA:
Persendian terasa ngilu, nyeri, kesemutan, linu. Nyeri pada persendian waktu pagi hari. Nyeri yang berulang-ulang. Nyeri yang menyebabkan susah menggerakan anggota tubuh.

PANTANGAN:
Alkohol, soft drink, es krim, melinjo dan emping, Kacang-kacangan,jamur, bayam matang, sawi, daging kambing (berlemak), jeroan dan gajih (lemak), bebek, kalkun, Salmon, mackerel, sarden, kepiting, udang, kerang, cumi.  

ANJURAN :
Perbanyak minum air putih ¨terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh. Makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti: sayuran dan buah-buahan, kentang, alpukat, susu dan yogurt pisang.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 2 Softgel
- MPH balurkan kepersendian yang Nyeri
- Lakukan Berbekam
=========================================
9. Astigmatisme

Astigmatisme adalah gangguan penglihatan yang diakibatkan cacat pada kelengkungan lensa atau kornea yang berakibat pandangan terdistorsi atau kabur. Astigmatisme umumnya muncul saat lahir, namun bisa juga disebabkan oleh cedera yang dialami oleh mata di kemudian hari atau sebagai komplikasi dari operasi mata.

Penyakit yang menyebabkan berkurangnya ketajaman penglihatan dalam berbagai jangkauan jarak ini dapat dialami juga oleh seseorang yang menderita rabun jauh (miopia) maupun rabun dekat (hipermetropi). Jika dibiarkan, astigmatisme dapat menimbulkan sakit kepala dan mata lelah, terutama ketika setelah menggunakan mata dalam waktu yang lama.

PENYEBAB :
Astigmatisme disebabkan karena lensa atau kornea yang tidak mulus mengakibatkan cahaya yang masuk ke mata, menjadi tidak fokus ketika diteruskan ke retina. Oleh karena itu, pandangan yang dihasilkan menjadi buram.

Berdasarkan letak kerusakannya, astigmatisme dapat dibedakan menjadi 2 jenis. Astigmatisme yang disebabkan oleh cacat pada kornea mata disebut astigmatisme korneal, sementara yang disebabkan oleh cacat pada lensa mata disebut astigmatisme lentikular.

Sedangkan berdasarkan jenis kerusakannya, terdapat dua jenis astigmatisme, yaitu regular dan irregular. Astigmatisme regular adalah ketika satu sisi kornea mata lebih melengkung dari sisi lainnya. Kondisi ini merupakan kondisi yang paling umum ditemui dan bisa diobati dengan menggunakan bantuan kaca mata atau lensa mata. Astigmatisme irregular adalah ketika kornea mata tidak rata tidak hanya di satu sisi, tetapi di seluruh permukaan kornea. Kondisi ini umumnya dipicu oleh cedera yang meninggalkan luka pada kornea. Kondisi ini bisa diobati dengan menggunakan bantuan contact lens, tapi tidak dengan kaca mata.

Kasus astigmatisme umumnya muncul sejak lahir, walau penyebab pasti kenapa kondisi ini muncul masih belum diketahui. Terdapat asumsi bahwa astigmatisme bersifat keturunan di dalam keluarga. Kondisi ini juga lebih banyak ditemukan pada bayi dengan berat badan rendah atau lahir prematur.

Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan astigmatisme:
  • Komplikasi akibat operasi mata.
  • Cedera pada kornea akibat infeksi.
  • Kondisi pada kelopak mata yang mengganggu struktur kornea. Misalnya terdapat benjolan pada kelopak mata yang menekan kornea.
  • Keratoconus dan keratoglobus, kondisi di mana kornea dapat berubah bentuk, baik mengggembung atau menipis.
  • Kondisi mata lainnya yang mempengaruhi kornea atau lensa.

Resep Herbal HPA nya :
- WAVE 3 x 1 tetes mata kanan dan kiri
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 2 Softgel
- Lakukan Berbekam
=========================================
10. Asma

Asma adalah suatu kondisi paru-paru yng kronis yang ditandai dengan sulit bernapas. Saluran penderita asma sangat sensitif dan memberi respon yang sangat berlebihan jika mengalami rangsangan atau gangguan.

Gejala awal asama : Perubahan pola pernapasan, bersin-bersin, perubahan suasana hati, hidung mampat atau meler, gatal-gatal pada tenggorokan., sering merasa capek, lingkaran hitam di bawah mata.

GEJALA :
Napas berat yang berbunyi ¡°ngik-ngik¡±. Batuk-batuk. Napas pendek tersengal-sengal. Sesak dada.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- HGH Sepray Pada Wajah dan Bawah Lidah
- Lakukan Berbekam
=========================================
11. Autoimun

Penyakit autoimun adalah dimana sistem imun tidak bisa membedakan antigen tubuh sendiri atau antigen asing penyakit yang disebabkan oleh reaksi sistem kekebalan (sistem imun) tubuh pada kulit dimana sel darah putih atau antibodi tubuh melawan jaringan tubuh sendiri atau protein ekstraselular.

Manusia memiliki sistem imunitas atau sistem kekebalan, yang memungkinkan tubuhnya mampu melawan benda asing atau antigen, sehingga ketika sakit tubuh bisa menyembuhkan dirinya sendiri.

Namun, pada penderita penyakit autoimun, yang terjadi justru sebaliknya sistem imunitas tidak mampu melindungi tubuhnya dan justru menyerang dirinya sendiri.

Sistem imun tubuh manusia terdiri atas sel darah putih, antibodi dan substansi lainnya yang berfungsi untuk melawan infeksi (serangan mikroorganisme) atau protein asing.

Sistem imun tubuh memiliki kemampuan untuk membedakan sel tubuh sendiri dan sel asing. Namun, pada individu yang terkena penyakit autoimun sistem imun kehilangan kemampuan untuk membedakan sel tubuh dengan sel asing sehingga sistem imun akan menyerang sel tubuh sendiri.

Beberapa penyakit autoimun termasuk Lupus, Rheumatoid Arthritis dan Multiple Sclerosis menyerang wanita 2 hingga 10 kali lebih banyak daripada laki-laki. Pada awalnya, hormon seks dianggap memainkan peran dalam penyakit autoimun. Di dunia medis hingga saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit autoimun.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 2 Softgel
- HGH Sepray Pada Wajah dan Bawah Lidah
- Lakukan Berbekam
=========================================
12. BAB Tidak Lancar (SEMBELIT)

Susah buang air besar (BAB) ada beberapa jenis misalnya buang air besar tidak setiap hari dan sudah dialami berbulan-bulan. Ada juga yang buang air besar tiga hari sekali walaupun jumlah makanan yang dikonsumsi tiap hari cukup banyak.
BAB tidak lancar merupakan faktor utama timbulnya berbagai macam penyakit. Puncak atau awal penyakit itu bermula dari lambung.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- HTA/PELAWAS 3 x 3 Kapsul
- SPIRULINA 3 x 2 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
13. BAK Tidak Lancar (Susah Buang Air Kecil)

Seiring usia, susah buang air kecil cepat atau lambat dapat dialami pria maupun wanita. Karena organ tubuh antara pria dan wanita berbeda, maka ada beberapa perbedaan yang menjadi penyebab susah buang air kecil.

Pada WANITA, infeksi pada saluran kencing adalah salah satu pemicu terjadinya kesulitan buang air kecil.

Sedangkan pada PRIA, prostat yang mengalami infeksi juga akan membengkak dan menjadikan saluran kencing tertekan.

Sistem syaraf terganggu.
Gangguan atau rusaknya sistem syaraf akibat penyakit tertentu, seperti stroke atau kecelakaan, juga bisa mengganggu sistem buang air kecil seseorang.

Saran :
JAGA KEBERSIHAN setiap sesudah BAB & BAK. Sebab bila kurang bersih akan bisa menjadikan Infeksi Saluran Kemih.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Malac 3 x 3 Kapsul
- Madu Arab 3 x 2 sdm 
- Lakukan Berbekam
=========================================
14. Batu Empedu

Empedu adalah cairan dalam kantong empedu yang berperan dalam pencernaan lemak. Jika cairan ini mengeras, maka akan terbentuk batu empedu. Batu empedu diduga terbentuk akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu. Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan antara kolesterol dan senyawa kimia dalam cairan tersebut.

GEJALA :
Batu empedu umumnya tidak menyebabkan sakit, jadi tidak membeutuhkan penanganan khusus. Tetapi jika batu ini menyumbat saluran kantong empedu, penderita akan mengalami gejala sakit pada bagian kanan perut yang datang secara tiba-tiba atau istilah medisnya kolik bilier.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Minyak Zaitun 3 x 2 sdm
- MALAC 3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
15. Batuk

Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya.

Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak.

AKUT dan KRONIS :
Batuk akut adalah batuk yang berlangsung kurang dari 14 hari, serta dalam 1 episode. Bila batuk lebih dari 14 hari atau terjadi dalam 3 episode selama 3 bulan berturut-turut, disebut batuk kronis atau batuk kronis berulang.

Resep Herbal HPA nya :
- IMS Sepray Pada Mulut dan Bawah Lidah
- Habatussauda Softgel 3 x 3 Softgel
- MALAC 3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
16. Bau Badan

Bau badan atau bromhidrosis (juga disebut bromidrosis, osmidrosis dan ozochrotia) adalah bau bakteri pada tubuh. Bakteri tersebut bertambah jumlahnya dengan cepat karena kehadiran keringat, tetapi keringat sendiri sebenarnya tidak berbau. Bau badan sering berhubungan dengan rambut, kaki, anus, kulit, ketiak, alat kelamin dan mulut.

Bau apek dihasilkan oleh bakteri pada kulit yang memecah keringat menjadi asam. Ada sekitar 3-4 juta kelenjar keringat pada tubuh manusia yang terbagi menjadi 2 yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin.

Kelenjar ekrin yang tersebar di seluruh tubuh berfungsi mengatur suhu tubuh. Ia bekerja dengan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan tubuh saat tubuh mengalami panas berlebihan. Kelenjar apokrin umumnya ditemukan di daerah yang tumbuh bulu seperti ketiak dan daerah genital. Kelenjar apokrin ini berkembang selama masa pubertas dan melepaskan bahan kimia berbau yang disebut feromon.

PENYEBAB :
Keringat yang diproduksi oleh kelenjar ekrin biasanya tidak berbau. Namun bau dapat muncul jika bakteri dalam jumlah banyak mengurainya. Bau badan tidak enak juga dapat muncul jika Anda mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu seperti bawang putih, rempah-rempah, alkohol, serta beberapa jenis obat seperti antidepresan.

Apokrin adalah kelenjar utama yang bertanggung jawab menjadi penyebab bau badan. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin mengandung protein tingkat tinggi yang yang disukai oleh bakteri. Orang yang memiliki keringat berlebihan dari kelenjar apokrin atau memiliki banyak bakteri pada kulitnya cenderung memiliki bau badan yang lebih buruk.

Pada masa pubertas kelenjar keringat apokrin akan tumbuh. Laki-laki cenderung lebih mudah memiliki bau badan karena cenderung berkeringat lebih banyak daripada wanita. Hal-hal yang bisa membuat bau badan menjadi lebih parah bila anda memiliki kelebihan berat badan, makan makanan pedas atau yang kaya rempah, serta memiliki kondisi medis tertentu seperti diabetes.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- HTA 3 x 3 Kapsul
- Gamat 3 x 2 Kapsul
- Selepas Mandi Balurkan MPH pada Ketiak
- Lakukan Berbekam
=========================================
17. Bell's Palsy

Bell's palsy adalah kelumpuhan atau kelemahan pada salah satu sisi otot di wajah yang yang bersifat sementara. Kondisi ini menyebabkan salah satu sisi dari wajah akan terlihat melorot. Meski belum dimengerti alasan sepenuhnya, Bell's palsy lebih umum terjadi pada wanita hamil, penderita diabetes, dan HIV.

Saraf yang rusak pada bagian wajah akan berdampak kepada indera perasa dan cara tubuh Anda menghasilkan air mata dan ludah. Bell's palsy datang secara tiba-tiba dan umumnya kondisi ini akan membaik dalam hitungan minggu.

Bell's palsy tidak berhubungan dan bukan terjadi karena stroke. Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menyebabkan terjadinya kelumpuhan Bell's palsy pada wajah.
Kelumpuhan wajah turunan. Kondisi ini terjadi pada anak yang terlahir dengan kelemahan atau kelumpuhan pada wajah.
Cedera karena kecelakaan. Terjadi karena luka robek pada dagu atau retak pada tulang tengkorak.
Cedera karena operasi. Kondisi ini umumnya terjadi saat operasi kelenjar parotid.
Pada kebanyakan kasus Bell¡¯s palsy, kelumpuhan pada salah satu sisi wajah bisa pulih sepenuhnya. Jika Anda mengalami kelumpuhan di salah satu sisi wajah, segera temui dokter untuk memahami kondisi yang terjadi.

Resep Herbal HPA nya :
- WAVE Tetes Pada Mata mengikuti Waktu Sholat
- SOS 3 x 2 Softgel
- SJ2 3 x 2 Kapsul 
=========================================
18. Biduran

Biduran yang dalam istilah medis disebut urtikaria adalah reaksi dari kulit yang menyebabkan munculnya bilur berwarna merah atau putih dan terasa gatal. Bilur ini awalnya muncul di satu bagian tubuh dan akhirnya menyebar. Salah satu penyebab umumnya adalah alergi. Ukuran dan bentuk bilur pun bisa berbeda-beda.

Ruam pada kasus urtikaria atau biduran akan terasa gatal, tapi bisa juga terasa perih atau menyengat. Gejala urtikaria bisa bertahan berjam-jam hingga beberapa hari. Urtikaria yang terjadi selama kurang dari enam minggu disebut sebagai urtikaria akut atau jangka pendek. Tapi ada juga kasus urtikaria yang bertahan lebih dari enam minggu atau bersifat kambuhan selama beberapa bulan atau bahkan tahun. Kondisi yang jarang terjadi ini dikenal dengan istilah urtikaria kronis atau jangka panjang.

Urtikaria kronis bisa diartikan sebagai pertanda dari penyakit lain yang sedang diderita. Misalnya karena penyakit tiroid, diabetes tipe 1 atau lupus.

Biduran atau urtikaria lebih sering terjadi pada anak-anak dan wanita pada usia 30-60 tahun. Selain itu, orang yang memiliki alergi juga lebih berisiko untuk mengalaminya.

PENYEBAB :
Munculnya bilur pada kulit ini dipicu oleh tingginya kadar histamin yang dilepaskan ke kulit. Histamin menyebabkan pembuluh darah menjadi rileks dan melebar sehingga aliran darah pun meningkat. Dengan banyaknya darah yang mengalir di bawah permukaan kulit, kulit pun terlihat memerah. Kelebihan cairan ini jugalah yang menyebabkan pembengkakan pada kulit dan rasa gatal-gatal.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 2 Softgel
- SJ2 3 x 2 Kapsul
- Parut Jagung Muda dan di kasih MPH buat Balur
=========================================
19. Bintitan

Bintitan adalah kondisi ketika bintil menyakitkan yang berbentuk seperti jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Sebagian besar bintitan hanya muncul pada salah satu mata. Kondisi ini juga umumnya tidak berdampak buruk pada kemampuan penglihatan pengidap.

Bintitan biasanya terjadi di kelopak mata bagian luar, tapi terkadang juga bisa muncul di bagian dalam. Bintil yang tumbuh di bagian dalam lebih menyakitkan daripada yang tumbuh di luar.

GEJALA :
Indikasi bintitan termasuk mudah terdeteksi karena tumbuhnya benjolan merah yang mirip bisul pada kelopak mata. Gejala-gejala lain yang menyertai kondisi ini meliputi:
  • Mata berair dan merah.
  • Kelopak mata yang bengkak dan terasa nyeri.
  • Munculnya kotoran mata di sekeliling kelopak mata.
Hampir semua kasus bintitan tidak membutuhkan penanganan medis khusus dan bisa sembuh sendiri, tapi risiko komplikasi tetap ada. Karena itu, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika bintitan yang Anda alami tidak menunjukkan tanda-tanda membaik setelah dua hari dan pembengkakan menyebar hingga ke bagian lain wajah, seperti pada pipi.

PENYEBAB :
Penyebab utama bintitan adalah bakteri stafilokokus. Bakteri ini biasanya hidup pada kulit manusia tanpa menyebabkan penyakit. Tetapi risiko bintitan akan meningkat jika kita menyentuh mata dengan tangan yang kotor. Contoh infeksi akibat bakteri yang dapat memicu bintitan adalah infeksi yang terjadi pada akar bulu mata, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat.

Di samping bakteri, peradangan pada kelopak mata atau blefaritis juga dapat memicu terjadinya bintitan. Terutama jika Anda mengidap blefaritis jangka panjang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau komplikasi akibat penyakit kulit rosaseae.

Resep Herbal HPA nya :
- Spirulina 3 x 2 Kapsul
- SJ2 3 x 2 Kapsul
- MPH Oleskan
=========================================
20. Bisul

Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada folikel rambut, yaitu lubang tempat rambut tumbuh.

Bagian tubuh yang paling sering diserang bisul adalah wajah, leher, ketiak, bahu, bokong, serta paha. Ini terjadi karena bagian-bagian tersebut sering mengalami gesekan dan berkeringat. Bisul juga bisa tumbuh pada kelopak mata, kondisi inilah yang biasanya kita kenal dengan istilah Bintitan.

GEJALA :
Gejala utama pada bisul adalah munculnya benjolan merah pada kulit. Pada tahap awal, ukuran bisul biasanya kecil dan kemudian disertai dengan Kulit di sekitar benjolan memerah, bengkak, dan terasa hangat jika disentuh. Ini mengindikasikan bahwa infeksi telah menyebar ke kulit sekelilingnya.
Benjolan bertambah besar dan berisi nanah.
Terbentuk titik putih di bagian puncak benjolan.

PENYEBAB :
Penyebab utama bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini dapat ditemukan pada kulit dan di dalam hidung manusia tanpa memicu infeksi apa pun. Infeksi terjadi jika bakteri masuk hingga ke folikel melalui luka gores atau gigitan serangga.

Bakteri dari bisul atau karbunkel terkadang bisa menyebar ke bagian lain tubuh. Bila menyebar di lapisan kulit akan timbul selulitis, impetigo (luka melepuh), bahkan dapat menyebar ke tulang (osteomielitis). Penyebaran ini akan memicu terjadinya sepsis yang berpotensi menyebabkan infeksi pada organ-organ tubuh, misalnya jantung. Selain itu, bisul juga umumnya dapat meninggalkan bekas luka.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Spirulina 3 x 2 Kapsul
- SJ2 3 x 2 Kapsul 
- MPH Oleskan
- Lakukan Berbekam
=========================================
21. Bronchitis

Bronchitis adalah suatu peradangan pada cabang tenggorok (bronchus = saluran pernapasan udara ke paru-paru). Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya penyakit jantung atau penyakit paru-paru) dan pada usia lanjut, bronchitisbisa bersifat serius.

GEJALA :
Batuk berdahak (dahak bisa berwarna merah; Sesak napas ketika melakukan olah raga atau aktifitas; Sering menderita infeksi pernapasan (misalnya flu); Bengek, lelah, sakit kepala, penglihatan terganggu; Pembengkakan pergelangan kaki, tungkai kiri-kanan; Wajah, telapak tangan dan selaput lendir kemerahan.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- SJ2 3 x 2 Kapsul 
- Lakukan Berbekam
=========================================
22. Cacar Air

Cacar Air atau Varicella simplex adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster yang mengakibatkan munculnya ruam kulit berupa kumpulan bintik-bintik kecil baik datar maupun menonjol.

GEJALA :
Setelah 10 sampai 21 hari terinfeksi virus cacar air muncul gejala penyakit seperti sakit kepala, demam sedang dan juga rasa tidak enak badan.

Setelah 2 atau 3 hari muncul bintik merah datar yang disebut macula, lalu menonjol yang disebut papula, kemudian muncul cairan yang gatal yang disebut vesikel, dan akhirnya mengering sendiri. Proses ini berulang sampai 4 hari.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- EPS Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- Gamat 3 x 2 Kapsul 
- MPH Oleskan Plus Campurkan Dengan Parutan Jagung Muda
=========================================
23. Cacing Kremi

Cacing kremi adalah cacing parasit kecil yang menjangkiti usus besar manusia. Parasit bernama latin Enterobius vermicularis ini memiliki fisik berwarna putih dan sekilas terlihat seperti benang putih. Cacing ini bisa terlihat pada sekitar lubang anus atau di tinja penderita.

Cacing yang rata-rata memiliki panjang tubuh 5 sampai 13 milimeter ini, biasanya menaruh telur-telurnya pada lipatan kulit di sekeliling anus pada saat penderita sedang tertidur.

Infeksi cacing kremi umumnya tidak menimbulkan kondisi medis yang serius. Namun, kadang cacing ini akan naik dari area anal menuju ke vagina, uterus, tuba falopi, dan sekitar organ di pinggul. Jika ini terjadi, penderita akan terancam terkena beberapa komplikasi seperti peradangan vagina (vaginitis) dan peradangan lapisan dinding dalam uterus (endometritis).

PENYEBAB : 
Parasit cacing kremi umumnya menjangkiti seseorang setelah ia menelan telur dari cacing kremi. Bahkan, telur tersebut bisa tertelan setelah terhirup lebih dahulu.

Cacing kremi betina bisa meletakkan ribuan telurnya di sekitar anus atau vagina. Ketika proses menaruh telur tersebut, cacing kremi betina juga mengeluarkan lendir yang menyebabkan penderita merasa gatal. Rasa gatal akan memancing penderita untuk menggaruk atau mengelap anus atau vagina. Saat menggaruk atau mengelap itulah, telur-telur cacing bisa menempel pada ujung jari atau di bawah kuku penderita.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SJ2/Antirac 3 x 2 Kapsul
-Gamat 3 x 2 Kapsul
- Lakukan Berbekam
- MPH Oleskan Pada Anus / Vagina
=========================================
24. Caesar Melahirkan

Bedah atau Operasi Caesar (Cesar) adalah prosedur pembedahan di mana insisi (sayatan) dibuat melalui perut dan rahim seorang wanita untuk melahirkan bayinya.

Bedah caesar dilakukan setiap kali kondisi abnormal mempersulit persalinan vagina, mengancam jiwa atau kesehatan ibu atau bayi. Distosia, atau persalinan yang sulit, adalah penyebab umum lainnya bedah caesar. Prosedur ini seringkali digunakan dalam kasus di mana sang ibu sebelumnya pernah menjalaninya.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Spirulina 3 x 3 Kapsul
- Kapsul Haruan 3 x 2 Kapsul 
- MPH Balurkan Pada Bekas Luka Jahitan
=========================================
25. Campak

Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini akan memunculkan ruam di seluruh tubuh dan sangat menular. Campak bisa sangat mengganggu dan mengarah pada komplikasi yang lebih serius. Gejala campak mulai muncul sekitar satu hingga dua minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh. 

Gejala campak yang biasanya muncul adalah:
  • Mata merah
  • Mata menjadi sensitif terhadap cahaya.
  • Gejala menyerupai pilek seperti radang tenggorokan, hidung beringus atau tersumbat.
  • Mengalami demam.
  • Bercak putih keabu-abuan pada mulut dan tenggorokan.

Bercak atau ruam berwarna merah-kecokelatan akan muncul di kulit setelah beberapa hari kemudian. Urutan kemunculan bercak ini dari belakang telinga, sekitar kepala, kemudian ke leher. Pada akhirnya ruam akan menyebar ke seluruh tubuh.

Sebaiknya Anda segera menghubungi dokter, klinik, atau rumah sakit terdekat jika mencurigai anak Anda menderita campak. Diagnosis campak bisa dilakukan dengan melihat gejala-gejala yang muncul seperti tersebut di atas.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Spirulina 3 x 3 Kapsul
=========================================
26. Cantengan

Cantengan adalah kondisi yang mana sudut ujung jari menjadi bengkak, sakit, dan berwarna kemerahan, akibat pertumbuhan sisi kuku yang menjorok ke dalam sehingga melukai kulit. Kondisi ini sering dialami oleh jempol kaki.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan sisi kuku tumbuh ke dalam kulit, di antaranya akibat sering mengenakan kaos kaki atau sepatu yang sempit, memotong kuku terlalu pendek atau tidak rapi memotong sisi kuku, secara alami memang memiliki kuku yang melengkung ke dalam, dan karena cedera.

GEJALA : 
Selain bengkak, rasa nyeri, dan kemerahan pada sudut ujung jari, gejala cantengan lainnya adalah penumpukan cairan (edema) dan keluar nanah. Luka ini dapat terinfeksi. Kulit di sekitar area yang tertusuk dapat mengalami peradangan dan tumbuh secara tidak normal.

Biasanya rasa sakit akan menjadi-jadi apabila jari yang cantengan tersentuh atau tertekan sesuatu.

Resep Herbal HPA nya :
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- MPH Yang Dihangatkan Lalu Tetes pada Kuku Tersebut
=========================================
27. Chikungunya

Chikungunya adalah penyakit virus yang menyerang manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Nyamuk ini berperan sebagai perantara atau vektor yaitu organisme yang membawa virus chikungunya di dalam tubuhnya tanpa terjangkiti. Keduanya adalah jenis nyamuk sama yang menyebabkan demam berdarah.

Penyebab dan gejalanya yang serupa menyebabkan penyakit chikungunya sering didiagnosis secara keliru sebagai penyakit demam berdarah.

Nyamuk Aedes aegypti banyak hidup dan ditemui di daerah tropis dan subtropis, sementara Aedes (Ae.) albopictus hidup di daerah bertemperatur sedang dan lebih dingin. Kedua jenis nyamuk ini biasa ditemukan terutama di pagi dan sore hari.

Kasus chikungunya sendiri telah teridentifikasi di sekitar 60 negara yang berada di Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika.

GEJALA : 
Setelah tergigit nyamuk yang membawa virus, gejala akan mulai terasa pada 4-8 hari, namun juga dapat dimulai sejak 2-12 hari setelah gigitan. Gejala-gejala awalnya menyerupai gejala-gejala flu.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- Spirulina 3 x 2 Kapsul
=========================================
28. Congek Kuping

Congek dapat diartikan sebagai penyakit kuping berair, istilah congek dipakai oleh masyarakat Indonesia yang bahasa latis aslinya adalah otitis media atau yang dalam bahasa medisnya adalah radang telinga tengah. Secara umum penyakit congek adalah peradangan yang terjadi pada gendang telinga baik sebelah kiri atau kanan akibat terjadinya infeksi oleh suatu alat ataupun benda lainnya.

Biasanya penyakit congek diakibatkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh cotton bud atau pembersih kuping lainnya. Sebenarnya jika kuping tidak dibersihkan sampai ke dalam juga tidak ada masalah, adanya cairan lengket yang diproduksi oleh kuping berfungsi sebagai filter kotoran agar tidak sampai masuk ke dalam telinga. Hal inilah yang menjadikan salah persepsi seseorang menganggap bahwa kuping harus sampai bersih ke dalam, padahal jika sampai mengenai gendang telinga maka akan dapat menyebabkan gendang telinga terjadi infeksi dan dapat menyebabkan penyakit congek. 

Pada dasarnya kotoran yang ada di telinga (lilin telinga) akan keluar dengan sendirinya seiring dengan gerak rahang. Maka sebaiknya pembersihan telinga ini dilakukan dua bulan sekali, dan yang lebih penting lagi pembersihan jangan sampai masuk ke dalam, cukup di bibir telinga saja agar tidak sampai terjadi infeksi pada gendang telinga.

GEJALA :
Gejala penyakit congek yang paling mudah diketahui adalah adanya air yang keluar dari kuping secara terus menerus. Air ini adalah nanah yang dikeluarkan oleh gendang telinga yang terinfeksi. Untuk mengetahui secara rinci dari gejala apa saja yang ditimbulkan dari penyakit congek berikut ini:

Kuping terasa nyeri; ngilu jika terdengar suara yang keras; kuping terasa berdengung; adanya nanah pada kuping yang terdapat congek; pendengaran terganggu; nafsu makan berkurang.

Resep Herbal HPA nya :
- Sepray IMS Pada Telinga
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- SJ2 3 x 3 Kapsul
=========================================
29. Colon Cleansing

Membersihkan usus besar (colon cleanse) merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan racun yang telah terakumulasi dalam tubuh.

Membersihkan usus besar secara teratut dapat meringankan berbagai penyakit pencernaan, contohnya sembelit atau konstipasi.

Selain itu, colon cleanse juga dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar atau gangguan sistem pencernaan yang lain.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- HTA 2 x 3 Kapsul
- Pelawas 2 x 3 Kapsul
- Spirulina 2 x 3 Kapsul
=========================================
30. Cuci Darah

Hemodialisis (Cuci Darah) adalah suatu tindakan membersihkan racun dalam tubuh, karena ginjal tidak mampu lagi membuang sisa-sisa metabolisme dalam tubuh. Hemodialisis dilakukan pada pasien dengan penyakit ginjal kronik dan penyakit ginjal akut dalam kondisi tertentu.

INDIKASI :
Munculnya gejala uremia, seperti gatal-gatal, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan kelelahan.
Tingginya kadar asam dalam darah atau asidosis.
Munculnya pembengkakan pada bagian-bagian tubuh akibat ginjal tidak dapat membuang kelebihan cairan.
Hiperkalemia atau tingginya kadar kalium dalam darah.

Resep Herbal HPA nya :
- Malac 2 Kapsul di Buka aduk dalam air hangat -+ 100 ml, endapkan minum air nya saja dan kasih madu 2 sdm
=========================================
31. Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau Hypotensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal, yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg.

GEJALA :
Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah umumnya akan mengeluhkan keadaan sering pusing, sering menguap, penglihatan terkadang dirasakan kurang jelas (kunang-kunang) terutama habis duduk lama atau berjalan, keringat dingin, merasa cepat lelah tak bertenaga, bahkan mengalami pingsan yang berulang, detak/denyut nadi terasa lemah, tampak pucat karena suplai darah yang tidak maksimum keseluruh jaringan darah.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
-Spirulina 3 x 3 Kapsul
=========================================
32. Darah Tinggi

Hipertensi (HTN) atau tekanan darah tinggi, kadang-kadang disebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. 

Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100¨C140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60¨C90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

GEJALA :
Kepala terasa berat, pusing, sakit atau pegal; Sering mimisan; Sering merasa mual.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- SOS / Bawang Lanang 3 x 3Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
33. Daya Ingat

Seiring waktu, fungsi otak akan kian menurun akibat proses penuaan dan dampak kondisi kesehatan yang tidak baik. Susah mengingat sesuatu atau pikun, erat kaitannya dengan pertambahan usia.

Terkadang, mungkin Anda bisa saja melupakan nama seseorang, lalu ingat kembali di kemudian hari. Atau, Anda lupa menaruh benda yang biasa dikenakan seperti kacamata.

Berikut beberapa kebiasaan yang baik untuk dilakukan agar daya ingat bisa terjaga :
  • Perhatikan asupan gizi Anda
  • Sempatkan berolahraga
  • Olah otak
  • Atur aktivitas Anda
  • Cukup istirahat
  • Aktif bersosialisasi
  • Mengurus diri sendiri
Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 3 Softgel
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- Lakukan Berbekam
=========================================
34. Demam Berdarah

Demam Berdarah merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh Virus Dengue yang mengakibatkan demam dan bisa menimbulkan pendarahan.

GEJALA :
Demam tinggi mendadak 2-7 hari. Kadangkala demam bersifat bifasik (seperti pelana kuda), yakni panas akan turun di hari ke-3 atau ke-4 tetapi hari berikutnya naik lagi. Ruam pada kulit; Nyeri mata belakang; Manifestasi perdarahan : (Bintik merah kehitaman pada kulit, Mimisan, Muntah darah (hematemesis), BAB berdarah).

Resep Herbal HPA nya :
- Sari Kurma : 3 x 2 sdm
- SPIRULINA 3 x 3 Kapsul
- SJ2 3 X 3 Kapsul
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
=========================================
35. Diabetes

Diabetes adalah penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau tidak bekerja dengan baik, oleh karena itu dapat menyebabkan gula darah meningkat.

GEJALA :
Haus dan banyak minum, Lapar dan banyak makan; Sering kencing, Berat badan menurun; Mata kabur, Luka lama sembuh; Nyeri / baal tangan kaki, Badan terasa lemah; Mudah mengantuk; Mudah terjadi infeksi pada kulit (gatal-gatal), saluran kencing dan gusi.

Resep Herbal HPA nya :
- GAMAT 3 x 3 Kapsul
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
=========================================
36. Mencret / Diare

Diare (mencret) adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam.

Di negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.

GEJALA :
Gejala yang biasanya ditemukan adalah buang air besar terus menerus disertai dengan rasa mulas yang berkepanjangan, dehidrasi, mual dan muntah. Tetapi gejala lainnya yang dapat timbul antara lain pegal pada punggung, dan perut sering berbunyi.

Resep Herbal HPA nya :
- MPH Diminum 1 sdm
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- Spirulina 3 x 2 Kapsul
=========================================
37. Difteri

Difteri menyerang selaput lendir pada hidung serta tenggorokan dan terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang dapat mengancam jiwa jika tidak segera ditangani.

Difteri disebabkan oleh dua jenis bakteri, yaitu Corynebacterium diphtheriae dan Corynebacterium ulcerans. Masa inkubasi (saat bakteri masuk ke tubuh sampai gejala muncul) penyakit ini umumnya dua hingga lima hari. 

Gejala-gejala yang mengindikasikan penyakit ini meliputi:
  • Terbentuknya membran abu-abu yang menutupi tenggorokan dan amandel.
  • Demam dan menggigil.
  • Sakit tenggorokan dan suara serak.
  • Sulit bernapas atau napas yang cepat.
  • Pembengkakan kelenjar limfa pada leher.
  • Lemas dan lelah.
  • Hidung beringus. Awalnya cair, tapi lama-kelamaan menjadi kental dan terkadang berdarah.

Difteri juga terkadang dapat menyerang kulit dan menyebabkan bisul. Bisul-bisul tersebut akan sembuh dalam beberapa bulan, tapi biasanya akan meninggalkan bekas pada kulit.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda atau anak Anda menunjukkan gejala-gejala di atas. Penyakit ini harus diobati secepatnya untuk mencegah komplikasi.

PENULARAN : 
Penyebaran bakteri difteri dapat terjadi dengan mudah dan yang utama adalah melalui udara saat seorang penderita bersin atau batuk. 
Selain itu, ada beberapa metode penularan lain yang perlu diwaspadai. 

Antara lain melalui:
  • Barang-barang yang sudah terkontaminasi oleh bakteri, misalnya mainan atau handuk.
  • Sentuhan langsung pada bisul akibat difteri di kulit penderita. Penularan ini umumnya terjadi pada penderita yang tinggal di lingkungan yang padat penduduk dan kebersihannya tidak terjaga.
  • Kontak langsung dengan hewan-hewan yang sudah terinfeksi, misalnya sapi.
  • Meminum susu yang belum melalui proses pasteurisasi atau sterilisasi.
  • Makanan yang terbuat dari susu yang belum melalui proses pasteurisasi atau sterilisasi.

Bakteri difteri akan memproduksi toksin yang akan membunuh sel-sel dalam tenggorokan. Sel-sel yang mati tersebutlah yang akan membentuk membran abu-abu pada tenggorokan. Di samping itu, toksin juga dapat menyebar lewat darah dan menyerang jantung serta sistem saraf.

Orang yang sudah menerima vaksinasi masih bisa terinfeksi penyakit ini. Namun mereka biasanya tidak menunjukkan gejala saat sedang terinfeksi. Tetapi Anda harus tetap waspada karena mereka juga dapat menularkan difteri.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SJ2 3 X 3 Kapsul
- Spirulina 3 x 2 Kapsul
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
=========================================
38. Disentri

Disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendir. Diare merupakan buang air besar encer dengan frekuensi yang lebih sering dari biasanya. Di samping diare, gejala disentri lainnya meliputi kram perut, mual atau muntah, serta demam.

PENYEBAB : 
Disentri dapat dikelompokan berdasarkan dari penyebabnya. Dua jenis utama dari penyakit ini adalah:
  • Disentri basiler atau sigelosis yang disebabkan oleh bakteri shigella.
  • Disentri amoeba atau amoebiasis yang disebabkan oleh amoeba (parasit bersel satu) bernama Entamoeba histolytica. Jenis disentri ini biasanya ditemukan di daerah tropis.
Disentri basiler merupakan jenis disentri yang paling umum terjadi. WHO memperkirakan sekitar 120 juta kasus disentri yang parah termasuk jenis ini dan mayoritas pengidapnya adalah balita.

Kedua jenis disentri tersebut biasanya menular karena lingkungan yang kotor. Manusia juga sering terinfeksi karena mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh kotoran pengidap. Misalnya akibat pengidap tidak membasuh tangan dengan bersih setelah buang air besar.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- Habat Soft Gel 3 x 2 Kapsul
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
=========================================
39. Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini adalah kondisi ketika seorang pria mengeluarkan sperma (mencapai klimaks) terlalu cepat ketika berhubungan seksual. Ejakulasi dini juga bisa didefinisikan ketika ejakulasi terjadi sebelum atau sesaat setelah penetrasi seksual.

Tiap pria dipastikan pernah mengalami ejakulasi dini. Jika hal ini terjadi sesekali, tidak perlu dikhawatirkan. Namun Anda disarankan menemui dokter jika 50 persen hubungan seksual yang pernah Anda lakukan berakhir dengan ejakulasi dini.

Sebenarnya tidak ada patokan pasti soal durasi berhubungan seksual yang baik karena hal ini tergantung kepada kepuasan masing-masing pasangan. Sebuah penelitian pernah dilakukan terkait berapa lama hubungan seks sebaiknya berlangsung. Hasilnya, rata-rata waktu bagi pria untuk mencapai ejakulasi setelah melakukan penetrasi adalah sekitar lima setengah menit.

Ejakulasi dini terbagi menjadi dua, yaitu:
  • Ejakulasi dini primer, yaitu ejakulasi dini yang selalu dialami oleh seorang pria sejak dia pertama kali melakukan hubungan seksual atau tiap kali berhubungan seksual.
  • Ejakulasi dini sekunder, yaitu saat ejakulasi dini terjadi pada seorang pria yang sebelumnya memiliki riwayat ejakulasi normal atau tanpa masalah ejakulasi.
PENYEBAB : 
Penyebab ejakulasi dini beragam. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor psikologis atau fisik. Contoh masalah psikologis yang bisa menyebabkan ejakulasi dini adalah gangguan kecemasan, stres, dan depresi. Sedangkan contoh masalah fisik yang bisa menyebabkan ejakulasi dini adalah gangguan prostat dan tiroid. Selain itu, bisa disebabkan juga oleh efek samping konsumsi obat-obatan terlarang.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 3 Kapsul
- Kapsul RADIX 3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
40. Epilepsi

Epilepsi adalah suatu gangguan pada sistem syaraf otak manusia karena terjadinya aktivitas yang berlbihan dari sekelompok sel neuron pada otak sehingga menyebabkan berbagai reaksi pada tubuh manusia mulai dari bengong sesaat, kesemutan, gangguan kesadaran, kejang-kejang dan atau kontraksi otot.

GEJALA :
Gejala penyakit epilepsi (penyakit ayan) tidak mesti berupa kejang seluruh tubuh dengan busa dari mulut disertai hilangnya kesadaran, tetapi banyak variasinya di antaranya ada berupa gerakan mata ke satu sisi dengan gerakan badan ke sisi tersebut disertai suara seperti tercekik. Ada pula timbulnya kejang berupa kaku saja atau kombinasi kaku dan tidak kaku hanya pada satu anggota tubuh tanpa diikuti hilangnya kesadaran. Dapat pula berupa berkurangnya rasa pada salah satu anggota tubuh baik kesemutan atau bahkan tidak adanya rasa di kulit.

Resep Herbal HPA nya :
- Wave Tetes pada mata kakan dan kiri min 3x dlm sehari
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 X 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
41. Exim

Penyakit exim dalam bahasa ilmiah disebut sebagai dermatitis. Dermatitis merupakan istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang seperti meradang dan iritasi. Dapat dikatakan bahwa penyakit ini dapat dengan mudah dijumpai menyerang kulit. Peradangan ini dapat menyerang di mana saja di seluruh bagian tubuh. Namun radang disertai iritasi ini pada umumnya menyerang bagian tangan dan kaki. Exim jenis dermatitis atopik adalah yang paling banyak ditemui terjadi pada orang Indonesia. Bentuk penyakit ini bermacam, mulai dari yang ringan dengan kulit kemerahan hingga bentuk yang berat yang disertai bengkak dan bernanah.

Gejala penyakit exim akan muncul pada usia anak-anak, pada saat usia mereka diatas dua tahun. Meskipun begitu, sebenarnya penyakit ini dapat menyerang segala umur, mulai dari bayi hingga lanjut usia. Sebagian besar anak-anak akan sembuh sebelum usia lima tahun, tapi sebagian kecil terus mengalami exim hingga dewasa. Pada beberapa kasus, seiring bertambahnya usia, maka exim akan menghilang. Namun beberapa akan menderita penyakit exim seumur hidupnya. Oleh karena itu pengobatan yang tepat dapat mengendalikan exim supaya tidak kambuh.

GEJALA :
Gejala yang paling utama bagi penderita exim adalah rasa gatal yang tidak tertahankan di bagian yang terkena exim. Gejala tersebut disertai dengan kulit bersisik, peradangan dan bersifat kambuh-kambuhan yang mana akan dirasakan di bagian yang gatal. Kadang sebelum adanya tanda di kulit, rasa gatal sudah muncul. Kulit kemerahan umumnya muncul pada tangan, wajah, lutut, kaki dan beberapa bagian tubuh lainnya. Selain itu, pada kulit yang terkena gejala penyakit tersebut menebal, sangat kering atau menjadi keropeng.

Pada pemiik kulit putih, kulit yang terkena exim ini akan mempunyai warna merah muda kemudian lama kelamaan menjadi coklat. Sedangkan pada kulit yang lebih gelap, gejalanya akan mempengaruhi pigmen kulit sehingga dapat menjadi lebih terang atau lebih gelap. Exim sendiri adalah penyakit episodik, sehingga terkadang kulit akan membaik, lalu memburuk lagi dan begitu seterusnya.

PENYEBAB :
Menurut orang awam, penyakit exim adalah penyakit yang menular. Hal ini dilihat dari keadaan penderita yang pada umumnya kurang memperhatikan kebersihan, sehingga disimpulkan bahwa penyakit exim ini menular. Padahal penyakit exim ini dapat juga dipengaruhi faktor genetik. Namun sebenarnya apa penyebab penyakit exim ini belum diketahui pasti. Exim berhubungan dengan aktifitas daya tahan tubuh yang berlebihan, itu menurut para ahli.

Hal ini menyebabkan tubuh melakukan reaksi yang berlebihan terhadap iritan atau bakteri yang sebenarnya tidak berbahaya bagi kulit. Oleh karena itu, penyakit ini banyak ditemukan pada keluarga yang memiliki riwayat penyakit asma. Beberapa penyebab yang diperkirakan adalah kulit kering, iritasi sabun dan detergen, atau bahan kimia lainnya. Selian itu kondisi stres, alergi dan infeksi patogen juga dapat menyebabkan penyakit ini.

Resep Herbal HPA nya :
- Antirac 3 x 2 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 X 3 Kapsul
- MPH Hangat Balurkan
- Lakukan Berbekam
=========================================
42. Fistula Ani

Nyeri pada anus dan terdapat lendir atau darah saat buang air besar, bisa jadi itu gejala fistula ani.
Fistula ani adalah bahasa medis untuk saluran yang terbentuk dan mungkin terinfeksi antara bagian akhir usus yakni antara rektum sampai lubang anus dan kulit di sekitar lubang anus.

GEJALA :
Pada umumnya fistula ani disebabkan oleh infeksi pada kelenjar anus yang menyebabkan timbulnya penumpukan nanah. Fistula ani kemudian membentuk saluran di bawah permukaan kulit yang terhubung pada kelenjar yang terinfeksi. Jika tidak dapat kering dengan sendirinya, nanah tersebut harus dikeluarkan dengan melakukan operasi.

Fistula ani dapat dikategorikan dalam berbagai jenis tergantung kondisi dan posisinya. Ada yang rendah atau tinggi. Hal ini tergantung seberapa dekat posisinya dengan otot-otot sphincter atau kumpulan otot pada ujung anus. Ada juga yang kompleks atau sederhana, tergantung apakah hanya terdapat satu saluran fistula atau ada jaringan yang saling terhubung.

Pada umumnya terdapat dua penyebab utama fistula ani, yaitu:
  • Infeksi pada anus
Kondisi ini umumnya disertai abses atau penumpukan nanah pada anus. Nanah biasanya muncul setelah kelenjar kecil dalam anus terinfeksi bakteri. Kondisi ini sering terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh yang rendah. Jika fistula Anda disertai nanah, maka biasanya tubuh Anda akan mengalami demam tinggi, lemas dan merasa lelah.
  • Peradangan pada usus
Fistula ani juga dapat disebabkan oleh komplikasi dan gangguan pada usus besar yang diakibatkan oleh beberapa kondisi berikut ini:
  • Divertikulitis atau infeksi pada kantong kecil pada bagian samping usus besar.
  • Penyakit Crohn yaitu kondisi kronis yang menyebabkan inflamasi pada dinding sistem pencernaan.
  • Penyebab lainnya
Fistula ani juga bisa disebabkan oleh kondisi-kondisi lain, seperti:
  • Kanker anorektum.
  • Tuberkolosis karena bakteri yang menginfeksi paru dapat menyebar ke bagian tubuh lain.
  • Penyakit menular seksual seperti sifilis dan klamidia.
  • Komplikasi akibat operasi.
  • Bawaan lahir.

Resep Herbal HPA nya :
- HTA/Pelawas 3 x 2 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 X 3 Kapsul
- MPH Hangat Balurkan Pada Anus
=========================================
43. Flek Paru-paru

Flek paru-paru (Tuberkulosis) adalah penyakit yang dapat diobati yang disebabkan oleh oleh bakteri Mycobacterium tubercolusis, yang dapat merusak jaringan pada paru-paru penderita.

GEJALA :
Batuk salama lebih dari 3 minggu; Nafsu makan berkurang, badan menyusut; Leher samping sering teraba kelenjar getah bening; Berkeringat dimalam hari tanpa sebab yang jelas; Badan lemah, Batuk berdarah; Nyeri pada dada dan sesak napas; Demam lebih dari 1 bulan.

Resep Herbal HPA nya :
- SOS 3 x 2 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 X 3 Kapsul
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- Lakukan Berbekam
=========================================
44. Flu dan Pilek

Flu (influenza) dan pilek (selesma) adalah infeksi saluran pernafasan atas yang disebabkan oleh virus. Ada lebih dari 200 jenis virus penyebab pilek dan hanya ada beberapa virus penyebab flu. Itulah mengapa tersedia vaksin untuk flu, namun tidak ada vaksin untuk pilek. 

Masa inkubasi flu termasuk singkat. Anda akan mengalami gejala hanya dalam beberapa hari setelah pertama kali terinfeksi. Masa di mana flu paling menular adalah sehari sebelum gejala muncul dan sekitar enam hari berikutnya.

GEJALA:
Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan penderita di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, kehilangan nafsu makan, serta sakit tenggorokan. Gejala flu akan bertambah parah selama 2-4 hari sebelum akhirnya membaik dan sembuh.

Banyak yang mengira flu sama dengan pilek karena kemiripannya, tetapi anggapan ini tidak tepat. Flu cenderung memiliki masa inkubasi yang lebih singkat dengan gejala yang lebih parah sehingga dapat menghambat rutinitas penderita. Sedangkan pilek umumnya muncul secara bertahap dengan gejala yang lebih ringan sehingga tidak terlalu memengaruhi rutinitas penderita.

Resep Herbal HPA nya :
Anak - Anak
- IMS Sepray Pada Mulut dan Bawah Lidah
- Healthy Food 3 x 1 sdm
- Spirulina 3 x 1 Kapsul
- Lakukan Berbekam
Dewasa
- EPS Sepray Pada Mulut dan Bawah Lidah
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Spirulina 3 x 1 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
45. Gagal Ginjal

Gagal ginjal terminal (GGT) terjadi bila fungsi ginjal sudah sangat buruk dan penderita mengalami gangguan metabolisme protein, lemak dan karbohidrat. Ginjal yang sakit tidak bisa menahan protein darah (albumin) yang seharusnya dilepaskan ke urine. Awalnya terdapat dalam jumlah sedikit (mikro-albuminuria).

Bila kondisinya semakin parah akan terdapat pula protein lain (proteinuria). Jadi berkurangnya fungsi ginjal menyebabkan terjadinya penumpukan hasil pemcecahan protein yang beracun bagi tubuh, yaitu ureum dan nitrogen. Gangguan itu disebut sindroma uremia dengan gejala mual dan muntah.

GEJALA :
Gejala gagal ginjal adalah gejala atau tanda tanda bahkan ciri ciri yang bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal ini terjadi dan muncul. Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja, bagi yang tidak bisa merawat kondisi tubuh atau badan dengan bak dan benar. Penyakit ini bisa terjadi, karena adanya perusakan ginjal yang ada di dalam tubuh sehingga tisak bisa bekerja pada organ tubuh teresbut. Dan salah satu penyebabnya adalah karena adanya penyakit kanker dan penyakit diabetes yang dialaminya.

Resep Herbal HPA nya :
- Kapsul Haruan 3 x 3 Kapsul
- Malac seduh dgn air Panas endapkan dan ambil Airnya saja lalu tambahkan Madu Arab 1 sdm
=========================================
46. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan merupakan masalah kesehatan yang mempengaruhi satu atau beberapa organ dari sistem pencernaan secara bersamaan. Sistem pencernaan bertugas menerima makanan, mencerna atau memecahnya menjadi nutrisi yang bisa diserap untuk selanjutnya disalurkan ke seluruh tubuh melalui darah. Selain itu, sistem pencernaan juga bertugas memisahkan dan membuang bagian dari makanan yang tidak bisa dicerna seperti serat.

Resep Herbal HPA nya :
- HTA / Pelawas 3 x 3 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
47. Gangguan Tidur

Gangguan tidur adalah kelainan yang bisa menyebabkan masalah pada pola tidur Anda, baik karena tidak bisa tertidur, sering terbangun pada malam hari, atau ketidakmampuan untuk kembali tidur setelah terbangun.

Beberapa dampak yang diakibatkan oleh gangguan tidur adalah: Kelelahan, Merasa lemas, Mudah marah, Sulit untuk konsentrasi di siang hari.

Akibat kondisi ini, Anda berisiko mengalami berbagai gangguan medis yang serius, seperti gangguan pernapasan, sering terbangun dari tidur, kurang tidur, dan muncul tekanan pada jantung.

Resep Herbal HPA nya :
- Kapsul Mengkudu 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 3 Softgel
- Lakukan Berbekam
=========================================
48. Gangren

Gangrene adalah kondisi yang terjadi ketika jaringan tubuh mati. Kondisi serius ini umumnya berawal dari bagian-bagian tubuh paling ujung seperti tungkai, jari kaki, atau jari tangan. Meski demikian, gangrene juga bisa terjadi pada otot serta organ dalam kita.

Terhambatnya sirkulasi darah merupakan penyebab utama pada gangren. Aliran darah tidak hanya membawa nutrisi dan oksigen Jika darah tidak mengalir dengan lancar dan bebas ke seluruh tubuh, sel-sel kita akan mati. Ditambah dengan infeksi di area tersebut yang tidak ditangani, jaringan sekitarnya akan ikut mati, mengakibatkan gangren.

GEJALA :
  • Awalnya tampak tanda infeksi merah dan bengkak.
  • Pada gangrene internal, bagian yang terserang terasa sangat sakit atau kebas (kehilangan sensasi sentuhan sama sekali).
  • Muncul luka atau lepuhan yang berdarah atau disertai nanah yang berbau busuk.
  • Kulit pada area yang terkena tampak keriput dan kering, serta berbatas jelas dengan area kulit yang sehat.
  • Perubahan warna kulit, misalnya pucat, merah, ungu, atau bahkan hitam.
  • Demam.
Resep Herbal HPA nya :
- SJ2 / Antirac 3 x 3 Kapsul
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- MPH Oleskan / RPG Buat Salep
=========================================
49. Glukoma

Glukoma adalah penyakit mata dimana tekanan cairan dalam bola mata menjadi terlalu tinggi, sehingga merusak serat lembut saraf optik yang membawa sinyal penglihatan dari mata ke otak. Kerusakan ini dapat menyebabkan kebutaan pada tahap yang parah.

GEJALA :
  • Nyeri pada mata
  • Sakit kepala
  • Melihat bayangan lingkaran di sekeliling cahaya
  • Mata memerah
  • Mual atau muntah
  • Mata berkabut (khususnya pada bayi)
  • Penglihatan yang makin menyempit hingga pada akhirnya tidak dapat melihat obyek sama sekali

Resep Herbal HPA nya :
- WAVE Tetes pada Mata Kanan dan Kiri 3x
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 3 Softgel
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Lakukan Berbekam
=========================================
50. Gondongan

Gondongan adalah penyakit yang menyebabkan kelenjar parotid (kelenjar yang memproduksi air liur) mengalami pembengkakan oleh karena infeksi virus. Kelenjar ini terletak tepat di bawah telinga di samping wajah. Karena itu orang yang mengalami gondongan, bagian sisi wajahnya akan terlihat membesar.

Penyakit gondongan merupakan penyakit menular dan umumnya diderita oleh anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh salah satu virus dari keluarga paramyxovirus yang penyebarannya mirip dengan virus flu, misalnya apabila kita turut menghirup udara yang terkontaminasi virus gondongan saat berada di dekat penderita gondongan yang bersin atau batuk.

Penyebaran virus gondongan juga bisa terjadi secara tidak langsung atau melalui media perantara, misalnya kita memakai gelas atau handuk yang juga dipakai oleh penderita gondongan. Contoh lainnya adalah apabila penderita gondongan menyentuh mulut atau hidungnya, lalu tangan mereka yang telah terkontaminasi virus memegang gagang pintu, maka kita pun berpeluang tertular apabila turut memegang gagang pintu tersebut.

Virus gondongan akan masuk ke saluran pernapasan dan selanjutnya menuju kelenjar parotid untuk berkembang biak dan berinkubasi selama empat belas hingga dua puluh lima hari.

GEJALA :
Nyeri sendi, Demam tinggi, Mulut kering, Nyeri perut, Hilang nafsu makan, Lelah, Sakit kepala

Resep Herbal HPA nya :
- IMS Sepray pada mulut dan bawah Lidah 3x
- Sharkcartilage 3 x 3 Kapsul
=========================================
51. Gusi Bengkak

Gusi sering kali tidak mendapat perhatian khusus dibandingkan gigi pada mulut. Padahal gusi bengkak dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan gangguan mulut yang tidak ringan.

Pada dasarnya, gusi yang sehat tidak akan berdarah karena gosok gigi atau jika tersentuh. Berwarna merah muda, kencang, dan dapat menahan gigi dengan kuat adalah ketiga ciri-ciri utama gusi yang ideal.

PENYEBAB:
Umumnya penyebab gusi bengkak sebagai salah satu gangguan gusi adalah karena menumpuknya plak pada gigi. Plak yang sangat lengket itu umumnya terbentuk ketika proses makan dan minum. Plak juga mengandung banyak bakteri yang sebagian di antaranya dapat mengganggu kesehatan gusi.

Selain itu, beberapa kondisi dimana gejalanya berupa gusi bengkak, antara lain gingivitis, infeksi virus atau jamur, kehamilan, kurang gizi, atau skorbut. Skorbut adalah kondisi tubuh yang kekurangan vitamin C.

Gusi bengkak juga dapat disebabkan oleh pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi lain yang tidak tepat, sensitivitas gusi akibat penggunaan pasta gigi tertentu atau cairan kumur, atau bisa juga akibat efek obat-obat dilantin, fenobarbital, atau obat penghambat saluran kalsium.

Resep Herbal HPA nya :
- IMS Sepray pada mulut dan bawah Lidah 3x
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gunakan Pasta Gigi Radix (RPG)
=========================================
52. Haid Sakit

Sepanjang waktu terjadi kontraksi halus pada otot dinding rahim yang umumnya tidak terasa. Namaun dimasa menstruasi, kontraksi ini menjadi makin kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Ketiadaan oksigen inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri.

Rasa nyeri semakin buruk karena tubuh juga mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin yang memicu otot rahim terus berkontraksi. Selain itu, prostaglandin juga memicu kondisi lain seperti mual, diare, lemas dan sakit kepala. Diduga sebagaian wanita memproduksi prostaglandin dalam jumlah lebih banyak sehingga lebih merasakan nyeri dari yang lain.

Resep Herbal HPA nya :
- Paramaria 3 x 3 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
=========================================
53. Hamil Anggur

Hamil anggur adalah kehamilan yang gagal, di mana terjadi kelainan pada proses perkembangan sel telur setelah dibuahi, sehingga gagal tumbuh menjadi seorang bayi. Pada hamil anggur, sel-sel telur dan plasenta yang tidak mampu berkembang ini akan membentuk sekumpulan kista (gelembung berisi cairan) yang bentuknya menyerupai anggur putih.

Hamil anggur termasuk masalah kesehatan yang jarang terjadi. Kondisi ini perlu ditangani secepat mungkin untuk menghindari risiko komplikasi, salah satunya adalah penyakit trofoblastik gestasional.

GEJALA :
  • Perdarahan dari vagina, khususnya pada trimester pertama.
  • Mual dan muntah yang parah.
  • Keluarnya kista berbentuk anggur dari vagina.
  • Nyeri pada tulang panggul.
Resep Herbal HPA nya :
- Paramaria 3 x 3 Kapsul
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Spirulina 3 x 3 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
=========================================
54. Hemodialisis

Cuci darah atau hemodialisis adalah prosedur medis yang bertujuan untuk menggantikan fungsi ginjal akibat kerusakan pada organ tersebut. Selama proses cuci darah, darah akan dialirkan oleh mesin dari dalam tubuh pasien melalui saluran steril dan melewati membran dialisis khusus. Melalui membran tersebut, zat-zat sisa metabolisme tubuh akan dibuang dan ditampung di dalam cairan khusus.

Cuci darah diperlukan bagi seseorang yang sudah menderita kerusakan ginjal yang berat sehingga fungsi-fungsi ginjal tidak dapat berjalan dengan baik. Cuci darah dapat memberikan kesempatan bagi penderita gagal ginjal untuk tetap menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik

INDIKASI :
  • Munculnya gejala uremia, seperti gatal-gatal, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan kelelahan.
  • Tingginya kadar asam dalam darah atau asidosis.
  • Munculnya pembengkakan pada bagian-bagian tubuh akibat ginjal tidak dapat membuang kelebihan cairan.
  • Hiperkalemia atau tingginya kadar kalium dalam darah.
Resep Herbal HPA nya :
- Malac seduh dgn air Panas endapkan dan ambil Airnya saja lalu tambahkan Madu Arab 1 sdm
=========================================
55. Hemofilia

Hemofilia adalah suatu penyakit yang menyebabkan tubuh kekurangan protein yang dibutuhkan dalam proses pembekuan darah bilamana terjadi perdarahan. Protein ini lazim disebut faktor pembekuan atau faktor koagulasi.

Hemofilia sebenarnya merupakan penyakit keturunan yang langka terjadi. Penderita penyakit ini akan lebih lama mengalami perdarahan daripada orang-orang normal.

GEJALA :
Gejala utama hemofilia adalah perdarahan yang sulit berhenti atau berlangsung lebih lama. Gejala ini bisa ringan atau berat. Tingkat keparahan tergantung dari jumlah faktor pembekuan di dalam darah.

Pada hemofilia ringan, jumlah faktor pembekuan berkisar antara lima hingga lima puluh persen. Penderita hemofilia jenis ini biasanya tidak akan merasakan gejala kecuali dirinya mengalami kecelakaan yang menyebabkan luka yang berarti atau menjalani prosedur cabut gigi atau operasi lainnya.

Pada hemofilia sedang, jumlah faktor pembekuan berkisar antara satu hingga lima persen. Penderita hemofilia jenis ini mudah memar dan rentan mengalami perdarahan sendi, terutama bila terantuk atau jatuh. Sendi yang paling umum terkena adalah bagian lutut, siku, dan pergelangan kaki. Gejala awalnya berupa kesemutan dan nyeri ringan yang selanjutnya bisa bertambah sakit, bengkak, kaku, serta terasa panas apabila tidak ditangani.

Jenis hemofilia yang terakhir adalah hemofilia berat. Pada jenis ini jumlah faktor pembekuan kurang dari satu persen. Penderita biasanya akan sering mengalami perdarahan seperti gusi berdarah, mimisan, dan perdarahan sendi serta otot tanpa sebab yang jelas. Hemofilia berat bisa menimbulkan komplikasi seperti perdarahan internal (perdarahan di dalam tubuh) yang serius, perdarahan jaringan lunak, dan deformitas sendi apabila tidak ditangani.

Bagi penderita hemofilia, khususnya hemofilia sedang dan berat, waspadai terjadinya perdarahan intrakranial atau perdarahan di dalam tengkorak kepala. Biasanya hal ini terjadi apabila penderita mengalami cedera di kepala dan jarang terjadi secara spontan (tanpa cedera).

Gejala perdarahan intrakranial diantaranya adalah sakit kepala berat, muntah, leher kaku, kelumpuhan di sebagian atau seluruh otot wajah, penglihatan ganda dan yang lainnya. Penderita hemofilia yang mengalami perdarahan intrakranial butuh penanganan segera.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 2 Softgel
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Habat Gel 3 x 2 Softgel
=========================================
56. Hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang organ hati manusia. Di sini hati atau liver mengalami peradangan sehingga membuat fungsi hati, yang sebagai tempat penyaring racun-racun dalam darah, menjadi terganggu. Dengan terganggunya fungsi hati tersebut, maka terganggu pula fungsi organ yang lain, sehingga membuat kesehatan seseorang akan hancur secara keseluruhan.

GEJALA :
Gejala-gejala umum dari hepatitis ini adalah rasa nyeri atau sakit pada perut bagian kanan, badan lemas, mual, demam dan diare. Pada beberapa kasus juga ditemukan gejala seperti akan flu dan sakit kuning yang ditandai kulit dan mata yang terlihat kuning.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 2 Softgel
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- Habat Gel 3 x 2 Softgel
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
=========================================
57. Hernia

Hernia adalah penyakit yang terjadi saat ada organ dalam tubuh yang menekan dan mencuat lewat otot atau kondisi celah jaringan di sekitarnya yang melemah. Otot kita biasanya cukup kuat untuk menahan organ-organ tubuh sehingga tetap di lokasinya masing-masing. Melemahnya otot tersebut dapat mengakibatkan hernia.

GEJALA :
Gejala umum sakit hernia adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan dan pembengkakan lokal di suatu tempat di permukaan perut atau di daerah selangkangan.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 2 Softgel
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- MPH Oleskan
=========================================
58. Herpes

Penyakit herpes adalah penyakit pada kulit yang dsebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang mana virus dan bakteri itulah yang menjadi pembeda jenis penyakit herpes yang di derita. Karena ada beberapa virus yang dapat mengakibatkan penyakit herpes diantaranya adalah virus varicella zoster dan juga virus herpes simpleks atau yang biasa di kenal dengan virus HVS.

Penyakit herpes adalah sejenis penyakit kulit yang menular. Penyakit herpes memiliki karakter yang sangat unik dan bandel, karena sangat dimungkinkan bagi penderita yang sudah pernah mengalami penyakit herpes akan kembali mengalaminya dalam jangka waktu tak menentu.

Penyakit herpes sebenarnya bisa menyembuhkan dirinya sendiri walaupun waktu untuk dirinya menyembuhkan diri tidak menentu, bisa cepat namun bisa sangat lama.

GEJALA :
  • Rasa tidak nyaman atau rasa gatal yang dirasakan beberapa jam atau sampai 2-3 hari sebelum timbulnya lepuhan. Gejala ini dirasakan pada semua jenis penyakit herpes.
  • Munculnya lepuhan yang dikelilingi oleh daerah kemerahan yang dapat muncul di mana saja pada kulit ataupun selaput lendir. Gejala ini juga dirasakan pada semua jenis penyakit herpes.
  • Lepuhan tersebut cenderung membentuk kelompok, yang begabung satu sama lain membentuk sebuah kumpulan yang lebih besar. Gejala ini masih sama juga dirasakan pada semua jenis penyakit herpes.
  • Pada penyakit herpes zoster lepuhan yang dikelilingi oleh daerah kemerahan terdapat pada daerah dada, punggung, dan wajah. Sementara pada penyakit herpes simpleks 1 (herpes oral) menimbulkan lepuhan pada daerah mulut dan sekitarnya, termasuk bagian dalam mulut. Dan terakhir untuk penyakit herpes genital atau herpes simpleks tipe 2 menimbulkan gejala lepuhan pada daerah alat kelamin.
Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SJ2 3 x 2 Kapsul
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- MPH Oleskan / RPG Buat Salep
=========================================
59. Hipertensi

Hipertensi (HTN) atau tekanan darah tinggi, kadang-kadang disebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. 

Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100 sd 140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60 sd 90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

GEJALA :
Kepala terasa berat, pusing, sakit atau pegal; Sering mimisan; Sering merasa mual.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS / Bawang Lanang 3 x 2 Kapsul
- Habat Gel 3 x 3 Sofgel
- Lakukan Berbekam
=========================================
60. Hipotensi

Hipotensi adalah keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal dan biasa disebut dengan tekanan darah rendah.

Saat darah mengalir melalui arteri, darah memberikan tekanan pada dinding arteri, tekanan itulah yang dinilai sebagai ukuran kekuatan aliran darah atau disebut dengan tekanan darah.

Terhambat atau terbatasnya jumlah darah yang mengalir ke otak dan organ vital lainnya seperti ginjal dapat terjadi jika tekanan darah terlalu rendah, sehingga dapat menyebabkan kepala terasa ringan dan pusing. Tubuh juga akan terasa tidak stabil atau goyah, bahkan kehilangan kesadaran.

Ada dua ukuran yang digunakan dalam tekanan darah, yaitu tekanan sistolik (bilangan atas) dan tekanan diastolik (bilangan bawah). Tekanan darah yang normal adalah antara 90/60 dan 140/90. Penderita hipotensi memiliki tekanan darah di bawah 90/60 dan disertai dengan gejala hipotensi. Sedangkan jika tekanan darah di atas 140/90, maka orang tersebut menderita tekanan darah tinggi/hipertensi.

GEJALA :
Jantung berdebar kencang atau tidak teratur, Pusing, Lemas, Mual, Kehilangan keseimbangan atau merasa goyah, Pandangan buram, Pucat dan badan dingin, Napas pendek atau cepat, Pingsan, Dehidrasi.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Habat Gel 3 x 3 Sofgel
- Lakukan Berbekam
=========================================
61. HIV

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus ini melemahkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

Resep Herbal HPA nya :
Paket Herba yang berkaitan dengan VIRUS adalah
- EPS Sepray pada Mulut dan Bawah Lidah Min 3x/hari
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SJ2 3 x 3 Kapsul
=========================================
62. Hydrocephalus

Hydrocephalus adalah penyakit menumpuknya suatu cairan di dalam otak. Cairan serebrospinal umumnya mengalir di dalam ventrikel (rongga otak) dan membasahi otak dan tulang belakang. Cairan yang berlebihan tersebut dapat menekan otak bayi, menyebabkan kerusakan, gangguan fisik dan mental. Cairan serebrospinal diproduksi oleh jaringan lapisan ventrikel otak. Cairan tersebut mengalir di dalam ventrikel ruang diantara otak tulang belakang.

GEJALA :
Ukuran kepala yang besarnya tidak normal, kepala membesar dengan cepat, di atas kepala terdapat bagian yang lembut, muntah, mengantuk, mudah marah, tidak mau makan, kejang, mata menghadap ke bawah dan otot-otot lemah.

Resep Herbal HPA nya :
- SOS 3 x 2 Sofgel
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- IMS Sepray pada mulut dan bawah Lidah
=========================================
63. Impotensi

Impotensi atau disfungsi ereksi adalah kondisi ketika alat kelamin pria (penis) tidak mampu ereksi atau sulit bertahan di posisi ereksi. Impotensi merupakan masalah seksual yang cukup umum di kalangan pria. Sebagian besar kasus tersebut dialami oleh pria yang telah berumur 40 tahun ke atas.

Gagalnya seorang pria dalam memulai atau mempertahankan ereksi bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya, depresi, serangan cemas, hubungan yang kurang harmonis dengan pasangan, gangguan hormon, penyempitan pembuluh darah menuju penis, dan luka/cedera pada penis.

Selain hal-hal tersebut, impotensi juga bisa disebabkan oleh efek samping obat-obatan (obat pereda nyeri, obat hipertensi, antihistamin, antidepresan), konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan, dan penggunaan obat-obatan terlarang.

GEJALA :
Jantung berdebar kencang atau tidak teratur, Pusing, Lemas, Mual, Kehilangan keseimbangan atau merasa goyah, Pandangan buram, Pucat dan badan dingin, Napas pendek atau cepat, Pingsan, Dehidrasi.

Resep Herbal HPA nya :
- SOS 3 x 2 Sofgel
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Radix Kapsul 3 x 3 Kapsul
- Balurkan MPH pada Mr.P
- Lakukan Berbekam
=========================================
64. Infeksi Kandung Kemih

Infeksi kandung kemih adalah peradangan yang terjadi pada kandung kemih. Infeksi kandung kemih umumnya disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini bisa menjadi semakin parah jika bakteri menyebar hingga ke ginjal. Dibandingkan dengan pria, wanita lebih sering mengalami infeksi kandung kemih. Hal ini disebabkan karena saluran uretra (saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh) pada wanita lebih pendek, dan mulut uretra wanita terletak sangat dekat dengan anus. Tidak ada batasan umur wanita yang bisa mengalami infeksi kandung kemih. Namun, wanita yang hamil, aktif secara seksual, dan yang sudah melewati menopause memiliki risiko lebih besar. Walaupun punya tingkat risiko tidak sebesar wanita, infeksi kandung kemih bisa terjadi lebih parah pada pria. Hal-hal yang memicu infeksi kandung kemih pada pria adalah infeksi prostat, penyumbatan sistem kandung kemih akibat tumor, atau karena pembengkakan prostat. Pria yang melakukan seks anal tanpa memakai pelindung memiliki risiko lebih tinggi mengalami infeksi kandung kemih.

GEJALA :
  • Sensasi rasa nyeri, terbakar, atau menyengat saat buang air kecil.
  • Tubuh terasa lemah atau demam.
  • Meningkatnya frekuensi buang air kecil tapi hanya sedikit urine yang keluar.
  • Terdapat darah di dalam urine atau hematuria.
  • Urine akan berwarna lebih pekat, gelap, dan beraroma kuat.
  • Munculnya rasa nyeri di perut bagian bawah (atau tepat di atas tulang panggul) atau di punggung bagian bawah.

Resep Herbal HPA nya :
- SOS 3 x 2 Sofgel
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- HTA 3 x 3 Kapsul
=========================================
65. Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)

Infeksi saluran pernapasan akut atau sering disebut sebagai ISPA adalah infeksi yang mengganggu proses pernafasan seseorang. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea (pipa pernafasan), atau bahkan paru-paru.

ISPA menyebabkan fungsi pernapasan menjadi terganggu. Jika tidak segera ditangani, infeksi ini dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan dan menyebabkan tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Kondisi ini bisa berakibat fatal, bahkan sampai berujung pada kematian.

ISPA merupakan penyakit yang mudah sekali menular. Orang-orang yang memiliki kelainan sistem kekebalan tubuh dan orang-orang lanjut usia akan lebih mudah terserang penyakit ini. Anak-anak juga memiliki risiko yang sama, karena sistem kekebalan tubuh mereka belum terbentuk sepenuhnya.

GEJALA :
  • Sering bersin
  • Hidung tersumbat atau berair.
  • Para-paru terasa terhambat.
  • Batuk-batuk dan tenggorokan terasa sakit.
  • Kerap merasa kelelahan dan timbul demam.
  • Tubuh terasa sakit.

Resep Herbal HPA nya :
- Gamat 3 x 2 Sofgel
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- HTA 3 x 3 Kapsul
- Spirulina 3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
66. Insomnia

Insomnia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Hal tersebut menyebabkan kondisi fisik penderita insomnia menjadi tidak cukup fit untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Tidur merupakan keadaan tidak sadar yang terjadi secara alami untuk memungkinkan tubuh Anda untuk beristirahat. Saat tidur, tubuh akan melalui siklus yang bergantian antara tidur gerakan mata cepat (Rapid Eye Movement/REM) dan tidur non-gerakan mata cepat (non Rapid Eye Movement/ non-REM). Anda mungkin akan melalui empat atau lima siklus tidur dalam satu malam. Satu siklus tidur berlangsung kurang lebih selama 90 menit. Diawali dengan 4 tahap tidur non-REM yang terdiri dari tidur ringan hingga tidur dalam. Lalu dilanjutkan dengan tidur REM dimana di tahap inilah proses mimpi terjadi.

GEJALA :
  • Susah tidur.
  • Terbangun di malam hari atau dini hari dan tidak bisa tidur kembali.
  • Merasa lelah, uring-uringan, sulit berkonsentrasi, dan tidak bisa melakukan aktivitas secara baik pada siang harinya.
  • Tidak bisa tidur siang meskipun tubuh lelah.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Mengkudu 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 3 Softgel
- Lakukan Berbekam
=========================================
67. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah gangguan jangka panjang pada sistem pencernaan yang umum terjadi. Penyakit ini menyerang usus besar untuk jangka waktu yang lama, dengan gejala yang kambuh dari waktu ke waktu.

IBS lebih sering dialami oleh wanita dewasa muda yang berusia kurang dari 50 tahun. Setiap kambuh, IBS bisa terjadi selama beberapa hari atau bisa juga beberapa bulan, dan keadaan ini dapat dipicu oleh keadaan stres, makanan tertentu, atau perubahan hormon (seperti saat periode menstruasi)

GEJALA :
  • Diare atau konstipasi, yang keduanya terkadang muncul bergantian.
  • Perut kembung.
  • Perut terasa sakit atau kram. Gejala ini biasanya akan berkurang setelah buang air besar.
  • Tinja disertai lendir.
  • Sakit kepala.
  • Mual.
  • Sering bersendawa dan buang gas.
  • Kelelahan.
  • Nyeri punggung.
  • Cepat kenyang.
  • Nafsu makan turun.
  • Rasa panas di dada.

PENYEBAB & PEMICU :
  • Infeksi di saluran pencernaan.
  • Perubahan kondisi bakteri normal di dalam usus kecil.
  • Gangguan pada fungsi otak sewaktu mengirim sinyal ke usus.
  • Makanan yang terlalu cepat atau terlalu lambat dicerna di saluran pencernaan, sehingga menyebabkan diare atau konstipasi.
  • Makanan atau minuman tertentu yang sulit untuk dicerna, contohnya yang makanan dengan kadar asam, lemak, gula, atau karbohidrat yang tinggi.
  • Perubahan kadar hormon atau zat kimia lainnya di dalam tubuh yang berperan untuk mentransmisikan sinyal-sinyal saraf.
  • Gangguan kesehatan mental, seperti gangguan panik, cemas, depresi, dan stres.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- HTA 3 x 3 Kapsul
- Spirulina 3 x 3 Softgel
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
68. Iskemia

Iskemia adalah ketidakcukupan suplai darah ke jaringan atau organ tubuh. Iskemia timbul oleh adanya permasalahan pada pembuluh darah. Iskemia juga dapat diartikan sebagai anemia lokal yang umumnya terjadi pada area tubuh tertentu saja, misalnya jantung, usus, otak, dan ekstrimitas (tangan dan kaki).

Kondisi ini menyebabkan jaringan atau organ mengalami defisiensi nutrisi dan oksigen yang diperlukan untuk proses metabolisme sel sekaligus menjaganya tetap hidup. Bila tidak ditangani dengan tepat, kematian sel-sel dapat terjadi.

PENYEBAB :
Iskemia disebabkan oleh adanya gangguan pada pembuluh darah yang mengganggu suplai darah ke jaringan atau organ.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 2 Sofgel
- Spirulina 3 x 3 Softgel
- Lakukan Berbekam
=========================================
69. Jantung Bengkak

Dalam istilah medis jantung bengkak disebut sebagai Kardiomegali (Cardiomegaly) yaitu pembengkakan jantung sehingga ukurannya membesar melebihi jantung normal. Biasanya hal ini dapat diketahui setelah seseorang melakukan pemeriksaan rongsen dada.

Apa yang terjadi pada jantung kok bisa bengkak?
Jantung bengkak timbul akibat respons terhadap kerusakan pada otot jantung. Ada dua jenis masalah dalam hal ini, yang pertama jantung bengkak akibat melonggarnya otot jantung sehingga volume bilik jantung menjadi lebih besar atau disebut juga dengan kardiomegali dilatasi dan yang kedua akibat penebalan pada otot jantung atau disebut sebagai hipertrofi.

Kardiomiopati dilatasi (otot jantung menipis) adalah jenis utama kardiomegali. Dalam kardiomiopati dilatasi, dinding kedua sisi kiri dan kanan jantung (ventrikel) menjadi tipis dan meregang. Hasilnya adalah pembesaran jantung.

Sedangkan pada kardiomegali hipertrofi, otot ventrikel kiri jantung menjadi menebal. Hal ini paling sering disebabkan oleh tekanan darah tinggi (hipertensi) yang menyebabkan pembesaran ventrikel kiri (hipertrofi).


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 2 Sofgel
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
=========================================
70. Jantung Berlubang

Kebocoran yang terjadi akibat jantung berlubang dapat membuat sebagian darah kaya oksigen kembali ke paru-paru sehingga menghalangi darah rendah oksigen memasuki paru-paru. Bila lubangnya kecil, tidak memberikan masalah berarti. Bila besar mengalami gagal jantung.

Jenis jantung berlubang :
Sekat Bilik Jantung Berlubang (Ventracular Septal Defect/VSD) adalah lubang pada sekat antarbilik jantung yang menyebabkan kebocoran aliran darah pada bilik kiri dan kanan jantung.

Sekat Serambi Jantung Berlubang (Atrial Septal Defect/ASD) adalah lubang di antara dua serambi jantung.


Resep Herbal HPA nya :
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 2 Sofgel
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
=========================================
71. Jantung Koroner

Penyakit jantung yang paling umum terjadi adalah penyakit jantung koroner. Penyakit ini terjadi ketika pasokan darah yang kaya oksigen menuju otot jantung terhambat oleh plak pada arteri koroner.

Pada dinding pembuluh arteri dapat terjadi kondisi ateroskelosis, yaitu penumpukan kolesterol dan substansi lainnya yang semakin bertambah sehingga mempersempit ruang arteri. Tumpukan ini disebut plak. Sejatinya plak sudah bersarang di dinding arteri sejak seseorang masih muda. Makin tinggi usia seseorang, makin menumpuk plak di lokasi yang sama.

Plak sendiri mengeluarkan zat kimia yang membuat dinding bagian dalam dari pembuluh menjadi lengket. Pada saat bersamaan, darah memuat sel-sel inflamasi, lipoprotein, dan kalsium. Zat-zat ini kemudian akan menempel di dinding pembuluh darah sehingga membuat timbunan plak makin banyak.

Makin besar plak, makin sempit arteri koroner sehingga suplai darah kaya oksigen ke jantung kian menipis. Plak juga dapat pecah dan kemudian menyumbat sebagian besar hingga seluruh aliran darah pada pembuluh arteri. Bila hambatan aliran darah ini terjadi pada arteri koroner, maka dapat terjadi serangan jantung.

Sebenarnya, pembuluh darah atau arteri yang mengalami penyempitan ini biasanya membuat pembuluh darah baru di sekitar arteri yang menyempit. Sayangnya, pembuluh darah yang baru kemungkinan belum bisa membawa darah kaya oksigen sebanyak pembuluh darah lama.

Resep Herbal HPA nya :
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 2 Sofgel
- Habat Gel 3 x 2 Sofgel
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
=========================================
72. Jerawat

Jerawat adalah suatu penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan pada pori-pori. Peradangan ini disebabkan adanya kotoran yang menyumbat saluran minyak dan kemudian menguncang bakteri yang menyebabkan infeksi.

PENYEBAB :
Debu atau kosmetik yang tidak dibersihkan secara baik dan benar; Penggunaan kosmetik yang tidak cocok; Wajah yang terlalu sensitif; Terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak ; Jarang membersihkan wajah; Hormon yang tidak stabil.

Resep Herbal HPA nya :
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- Lakukan Berbekam
=========================================
73. Kaki Gajah

Penyakit Kaki Gajah (Filariasis atau Elephantiasis) adalah golongan penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk. Setelah tergigit nyamuk, parasit (larva) akan menjalar dan ketika sampai pada jaringan sistem lympa maka berkembanglah menjadi penyakit tersebut.

Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Penyakit Kaki Gajah bukanlah penyakit yang mematikan, namun demikian bagi penderita mungkin menjadi sesuatu yang dirasakan memalukan bahkan dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

GEJALA : 
Demam berulang-ulang selama 3-5 hari. Demam akan hilang setelah istirahat dan muncul lagi setelah bekerja berat. Pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka). Di lipatan didaerah paha dan ketiak yang tampak kemerahan, panas serta sakit. Radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan ke arah ujung. Filarial abses akibat seringnya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, dapat pecah da mengeluarkan nanah dan darah. Pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- EPS Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- MPH Balurkan
=========================================
74. Kaki Pecah-pecah

Tumit pecah-pecah atau retak adalah masalah umum yang bisa merusak kepercayaan diri bahkan bisa sangat menyakitkan. Kondisi ini pada umumnya bisa terjadi karena kurang perawatan, tetapi juga bisa akibat kering atau terpapar bahan tertentu.

Secara medis, tumit pecah-pecah juga dikenal dengan celah tumit akibat kapalan. Kapalan ini lama kelamaan karena tekanan berat tubuh akan meluas kesamping, menjadi kering dan menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah. Hal ini akan mempengaruhi permukaan kulit yang terdiri dari epidermis, dan terkadang bisa menembus jauh kedalam dermis dan menyebabkan rasa sakit.

Selain itu, tumit kering dan retak-retak juga bisa dikarenakan tubuh kekurangan vitamin, mineral (seng dan zat besi), dan asam lemak omega 3.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 2 Sofgel
- MPH Balurkan
=========================================
75. Kanker Anus

Kanker anus merupakan jenis kanker yang terjadi di bagian anus atau saluran anus. Saluran anus merupakan saluran pada ujung rektum yang berfungsi untuk melakukan pembuangan feses dari usus. Kanker anus umumnya jarang terjadi. Kanker anus terjadi ketika sel-sel di daerah anus tumbuh dengan tidak terkontrol. Kondisi ini menyebabkan sel-sel tersebut berubah menjadi kanker.

Kebanyakan kanker anus berasal dari sel di lapisan mukosa, terutama sel kelenjar pada lapisan mukosa anus. Fungsi kelenjar pada anus adalah untuk menghasilkan mukus atau lendir sebagai pelicin agar feses lebih mudah melewati anus. Jenis kanker anus yang berasal dari kelenjar ini disebut adenokarsinoma.

Selain adenokarsinoma, kanker anus juga dapat meliputi jenis karsinoma sel skuamosa, karsinoma sel basal dan melanoma. Seringkali kanker anus menyebar dari satu bagian anus ke bagian lain sehingga sulit untuk mengetahui daerah asal kanker anus.

GEJALA :
  • Pendarahan dari rektum atau anus.
  • Gatal atau nyeri di daerah anus.
  • Muncul pembengkakan atau benjolan pada anus.
  • Keluar cairan yang tidak biasa dari anus.
  • Gangguan buang air besar (BAB) salah satunya adalah kesulitan menahan buang air besar

Resep Herbal HPA nya :
- Zaitun 3 x 2 sdm
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Spirulina 3 x 2 Kapsul
- MPH Balurkan pada Anus
=========================================
76. Kanker Hati

Kanker hati adalah kanker yang bermula dari organ hati, dan bisa menyebar ke organ lain di tubuh. Kondisi ini terjadi ketika sel-sel di dalam hati bermutasi dan membentuk tumor.

Hati adalah salah satu organ dalam tubuh yang memiliki banyak fungsi penting. Antara lain adalah untuk membersihkan darah dari racun dan zat berbahaya seperti alkohol dan obat-obatan, menghasilkan empedu yang membantu mencerna nutrisi bagi tubuh seperti lemak, serta mengontrol pembekuan darah.

Kanker hati adalah satu dari lima jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian. Berdasarkan riset WHO tahun 2015, kanker hati bertanggung jawab atas lebih dari 700.000 kematian, dari 9 juta kematian akibat kanker.


Resep Herbal HPA nya :
- Sahrkcartilage 3 x 3 Kapsul
- Habat Gel 3 x 3 Sofgel
- SOS 3 x 2 Softgel
=========================================
77. Kanker Limfatik

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma adalah kanker ganas yang berkaitan dengan sistem limfatik.

Sistem limfatik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh dan bertugas dalam membentuk pertahanan alamiah tubuh melawan infeksi dan kanker.

Cairan limfatik sendiri adalah cairan putih menyerupai susu yang mengandung protein lemak dan limfosit yang semuanya mengalir ke seluruh tubuh lewat pembuluh limfatik.

GEJALA :
Pembengkakan kelenjar getah bening pada leher, ketiak, atau pangkal paha.


Resep Herbal HPA nya :
- Sahrkcartilage 3 x 3 Kapsul
- Habat Gel 3 x 3 Sofgel
- SOS 3 x 2 Softgel
=========================================
78. Kanker Nasofaring

Kanker nasofaring adalah jenis kanker tenggorokan yang terjadi pada lapisan luar nasofaring. Nasofaring merupakan salah satu bagian pada tenggorokan bagian atas yang terletak di belakang hidung dan di balik langit-langit rongga mulut. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa benjolan pada tenggorokan, penglihatan kabur, hingga kesulitan membuka mulut.

GEJALA :
  • Terdapat benjolan pada tenggorokan
  • Infeksi telinga
  • Telinga berdengung (tinnitus), tidak nyaman atau gangguan pendengaran
  • Kesulitan membuka mulut
  • Sakit kepala
  • Wajah terasa nyeri atau mati rasa
  • Mimisan
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung tersumbat
  • Penglihatan kabur atau berbayang

PENYEBAB :
Kanker nasofaring diduga muncul karena adanya kontaminasi EBV dalam sel nasofaring penderitanya. Sel yang telah terkontaminasi menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal.

EBV menjadi penyebab beberapa penyakit, seperti mononukleosis. Namun pada kebanyakan kasus, EBV tidak menyebabkan permasalahan infeksi yang berkepanjangan. Keterkaitan EBV dengan kanker nasofaring masih terus diteliti.

Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker nasofaring, yaitu:
  • Kanker nasofaring lebih sering terjadi pada seorang yang berusia 30-50 tahun.
  • Riwayat kanker nasofaring dalam keluarga.
  • Merokok dan mengonsumsi alkohol.
  • Mengonsumsi makanan yang diawetkan dengan garam.

Resep Herbal HPA nya :
- Sahrkcartilage 3 x 3 Kapsul
- Habat Gel 3 x 3 Sofgel
- SOS 3 x 2 Softgel
- IMS Sepray pada mulut dan bawah Lidah 3x
=========================================
79. Kanker Otak

Tumor otak adalah hasil dari pertumbuhan sel-sel di otak secara tidak wajar dan tidak terkendali. Tidak semua tumor otak bersifat ganas sehingga bisa dikategorikan sebagai kanker. Kanker otak ganas adalah tumor yang cepat menyebar ke bagian lain otak dan tulang belakang.

GEJALA : 
Tumor bisa membuat area otak yang terjangkit tidak berfungsi dengan baik. Tumor juga bisa menekan otak dan menyebabkan sakit kepala serta kejang-kejang. Secara kesimpulan, gejala tumor otak bervariasi dari satu penderita ke penderita lain tergantung pada faktor ukuran dan bagian otak yang terjangkit.

Resep Herbal HPA nya :
- Sahrkcartilage 3 x 3 Kapsul
- Habat Gel 3 x 3 Sofgel
- SOS 3 x 2 Softgel
- MPH Dihangatkan Balurkan Pada Kepala
=========================================
80. Kanker Payudara

Kanker Payudara merupakan penyakit yang disebabkan oleh sel ganas (kanker) yang tumbuh pada jaringan payudara. Sel-sel ini biasanya muncul pada saluran atau lobula di payudara. Sel-sel kanker ini dapat menyebar di antara jaringan atau organ yang ada dan ke bagian tubuh lainnya.

GEJALA : 
Benjolan yang tidak terasa sakit pada payudara. Gatal dan ruam yang terus menerus di sekitar puting. Pendarahan atau keluarnya cairan dari puting yang tidak biasanya. Kulit payudara membengkak dan menebal. Kulit payudara mengkerut atau menjadi cekung. Puting melesak ke dalam.

Resep Herbal HPA nya :
- Sahrkcartilage 3 x 3 Kapsul
- Paramaria 3 x 3 Kapsul
- Water K4 Sepray pada Payudara
=========================================
81. Kanker Rahim

Jenis kanker ini juga sering disebut kanker endometrium karena umumnya muncul dengan menyerang sel-sel yang membentuk dinding rahim atau istilah medisnya endometrium.

GEJALA :
Gejala kanker rahim yang biasa dialami penderita adalah pendarahan vagina. Walau tidak semua pendarahan abnormal disebabkan oleh kanker rahim, tapi Anda tetap perlu waspada dan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Terutama jika Anda:

Sudah menopause, tapi tetap mengalami pendarahan. Belum menopause, tapi mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi.


Resep Herbal HPA nya :
- Sahrkcartilage 3 x 3 Kapsul
- Paramaria 3 x 3 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
=========================================
82. Kanker Serviks

Kanker leher rahim atau yang lebih dikenal sebagai kanker serviks, adalah kanker yang tumbuh dan berkembang pada leher rahim wanita. Leher rahim atau serviks adalah bagian dari saluran reproduksi wanita yang menghubungkan vagina dengan rahim atau uterus.

GEJALA:
Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause. Meski terjadi pendarahan, belum berarti Anda menderita kanker serviks. Untuk memastikan penyebab kondisi Anda, segera tanyakan kepada dokter.

Resep Herbal HPA nya :
- Sahrkcartilage 3 x 3 Kapsul
- Paramaria 3 x 3 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- MPH balurkan Pada Mr.P dan Ms.V saat akan berhubungan
=========================================
83. Kanker Tulang

Kanker tulang adalah jenis kanker yang menyerang tulang. Penyakit ini dapat diidap oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Kanker tulang terbagi menjadi dua, yaitu kanker tulang primer dan sekunder. Dinamakan kanker tulang primer bilamana kanker tersebut muncul dan berkembang langsung di dalam tulang. Sedangkan kanker tulang sekunder adalah kanker yang berasal dari bagian tubuh lain yang menyebar ke tulang-tulang.

Seluruh tulang di dalam tubuh bisa terserang oleh penyakit ini, namun sebagian besar terjadi pada tulang kaki dan lengan.

GEJALA :
Nyeri. Seseorang yang terkena kanker tulang akan merasakan nyeri pada daerah tulang yang diserang, dan nyeri akan semakin meningkat saat bergerak. Nyeri biasanya akan dirasakan terus menerus hingga malam hari.

Pembengkakan. Daerah sekitar tulang yang terkena kanker akan mengalami pembengkakan dan berwarna kemerahan. Jika pembengkakan terjadi di tulang yang dekat dengan persendian, maka gerakan akan menjadi sulit dan terbatas.

Tulang rapuh. Kanker tulang menyebabkan tulang menjadi lemah atau rapuh. Bahkan jika sudah parah, jatuh ringan atau cedera kecil saja bisa membuat tulang patah.


Resep Herbal HPA nya :
- Sahrkcartilage 3 x 3 Kapsul
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Kapsul Radix 3 x 3 Kapsul
=========================================
84. Katarak

Katarak adalah bagian keruh pada lensa mata yang biasanya bening dan akan mengaburkan penglihatan. Katarak tidak menyebabkan rasa sakit dan termasuk penyakit yang sangat umum terjadi.

Lensa mata adalah bagian transparan di belakang pupil (titik hitam di tengah bagian mata yang gelap) yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada lapisan retina. Dengan adanya katarak, kejernihan lensa mata berkurang dan cahaya yang masuk ke mata menjadi terhalang. 

Seiring bertambahnya usia, umumnya lensa mata perlahan-lahan akan keruh dan berkabut. Jadi katarak adalah penyakit yang biasa terjadi seraya kita bertambah tua. Banyak pengidap yang pada akhirnya membutuhkan operasi untuk mengganti lensa yang rusak ini dengan lensa buatan.

GEJALA :
  • Mata yang sensitif ketika terkena cahaya menyilaukan.
  • Sulit melihat saat cahaya remang-remang (terutama pada malam hari) atau sangat terang.
  • Semua menjadi terlihat ganda.
  • Semua terlihat seperti memiliki semburat kuning atau cokelat.
  • Ukuran lensa kacamata yang sering berubah.
  • Di sekeliling cahaya terang (misalnya, lampu mobil atau lampu jalan) seperti ada lingkaran cahaya.
  • Warna yang terlihat memudar atau menjadi tidak jelas.

Resep Herbal HPA nya :
- WAVE Tetes pada Mata Kanan dan Kiri min 3x/hari
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 2 Softgel
- Lakukan Berbekam
=========================================
85. Kecerdasan

Kecerdasan intelektual (bahasa Inggris: intelligence quotient, disingkat IQ) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar.

Resep Herbal HPA nya :
- WAVE Tetes pada Mata Kanan dan Kiri min 3x/hari
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Omega Kapsul 3 x 3 Kapsul
=========================================
86. Kelenjar Tiroid

Penyakit tiroid adalah berbagai gangguan atau masalah yang terjadi pada kelenjar tiroid. Kelenjar yang terletak di bawah jakun ini bertugas mengatur berbagai sistem metabolisme dalam tubuh sehingga perannya sangat penting bagi manusia.

Kinerja kelenjar tiroid dikendalikan oleh otak, tepatnya oleh kelenjar hipofisis (pituitary) dan hipotalamus. Ketika tubuh mengalami kekurangan atau kelebihan hormon tiroid, otak akan merangsang kelenjar tiroid untuk menyesuaikan kinerjanya agar kadar hormon tersebut kembali seimbang.

PENYEBAB :
Kadar hormon tiroid yang terlalu tinggi atau terlalu rendah yang terjadi dalam sebagian besar kasus penyakit tiroid, dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti:
  • Masalah pada kelenjar hipofisis atau hipotalamus di otak.
  • Kelenjar tiroid yang rusak, misalnya karena pajanan radiasi.
  • Pengaruh obat yang mengandung litium (Li).
  • Operasi pengangkatan kelenjar tiroid.
  • Kadar iodin yang berlebihan dalam tubuh.

Resep Herbal HPA nya :
- IMS Sepray pada mulut dan bawah Lidah 3x
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 3 Softgel
- Sharkcartilage 3 x 3 Kapsul
=========================================
87. Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening adalah gumpalan jaringan, kira-kira seukuran kacang dan merupakan rumah bagi banyak sel darah putih. Kelenjar ini terdapat di seluruh tubuh dan merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh manusia.

Kelenjar getah bening membengkak ketika tubuh merespons terhadap infeksi atau peradangan. Kelenjar getah bening juga bisa membengkak dalam penyakit autoimun seperti rematoid artritis dan juga kanker. Pembengkakan akan mereda seiring kondisi Anda pulih dari penyakit.

Biasanya area yang kerap mengalami kondisi ini adalah ketiak, daerah di bawah dagu, pangkal paha, dan leher.

PENYEBAB :
Pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh infeksi ringan, biasanya akan pulih dengan sendirinya. Tapi jika Anda mengalami kondisi-kondisi seperti di bawah ini, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter, diantaranya:

  • Kelenjar terasa keras saat ditekan.
  • Kelenjar membengkak tanpa sebab yang jelas, terutama ketika kondisi Anda sedang bugar.
  • Kelenjar telah membengkak lebih dari dua minggu.
  • Anda mengalami demam yang tidak kunjung mereda.
  • Anda mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Anda mengalami sakit tenggorokan yang menyebabkan sulit menelan atau bernapas.

Resep Herbal HPA nya :
- IMS Sepray pada mulut dan bawah Lidah 3x
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 3 Softgel
- Sharkcartilage 3 x 3 Kapsul
=========================================
88. Keputihan

Keputihan adalah suatu penyakit yang diderita wanita karena keluarnya cairan dari vagina secara berlebihan, cairan berwarna putih kekuningan atau putih kekelabuan baik encer maupun kental, berbau tidak sedap dan bisa menyebabkan rasa gatal. Keputihan atau Leukorea (fluor albus) juga sering disebut paktay.

PENYEBAB :
Penyebab keputihan antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. adanya Infeksi dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.


Resep Herbal HPA nya :
- Paramaria/herba Keputihan 3 x 3 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SJ2 3 x 3 Kapsul
=========================================
89. Kesuburan

Kesuburan adalah tingkat peluang untuk mendapatkan anak. Pasangan yang subur memiliki peluang memiliki anak tinggi. Pasangan dikatakan tidak subur (infertil) bila setelah setahun usia perkawinan.

PENYEBAB KETIDAKSUBURAN :
PRIA
Apabila sumber masalah terletak pada si pria, pemicu paling umum terjadi adalah masalah sperma (sperm disorder), seperti jumlah sperma yang rendah (kurang dari 20 juta sel sperma dalam 1 ml cairan sperma/semen), motilitas (kelincahan dan daya gerak) sperma rendah, atau berkurangnya produksi sperma.

WANITA
Meski faktor ini tidak langsung menjadi kendala Anda dalam memiliki buah hati, jumlah sel telur akan secara signifikan menurun sekitar umur 30 dan inilah yang menjadi masalahnya. Sebab semakin sedikit saluran telur yang tersedia, semakin sedikit pula kesempatan untuk dibuahi dan diproses menjadi embrio.

Resep Herbal HPA nya :
PRIA
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Kapsul Radix 3 x 3 Kapsul
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam (terutama di titik kesuburan)
WANITA
- Paramaria 3 x 3 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam (terutama di titik kesuburan)
=========================================
90. Kista

Kista merupakan benjolan yang berisi cairan yang berada di indung telur. Penyakit kista ini sebenarnya merupakan penyakit tumor jinak, karena kebanyakan penanganannya tidak melalui operasi besar.

GEJALA :
Beberapa gejala timbulnya penyakit kista adalah rasa nyeri sewaktu haid, nyeri perut bagian bawah, sering merasa ingin buang air besar atau kecil, dan pada keadaan yang sudah lanjut dapat teraba benjolan pada daerah perut. Dan jika kista pecah, misalnya saat berhubungan seksual, penderita akan merasa nyeri yang bertambah bila melakukan aktivitas fisik berat.

Resep Herbal HPA nya :
- Paramaria 3 x 3 Kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Sharkcartilage 3 x 3 Kapsul
=========================================
91. Kolesterol

Kolesterol adalah zat yang fungsinya sangat penting bagi tubuh. Sebenarnya zat ini merupakan zat lemak yang dikenal sebagai lipid. Produsen utama zat ini adalah hati, namun lipid juga bisa berasal dari makanan. Kadar lipid yang terlalu tinggi, disebut dengan hiperlipidemia, dapat memengaruhi kondisi kesehatan.

GEJALA :
Kolesterol dapat mengendap pada dinding arteri, maka aliran darah di jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya bisa terhambat. Jadi kolesterol tinggi meningkatkan risiko seseorang terkena penyempitan arteri atau aterosklerosis, penggumpalan darah di bagian-bagian tubuh tertentu, stroke, baik kecil dan besar, dan serangan jantung.

Kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan rasa sakit di dada bagian depan atau pada lengan (angina) ketika seseorang tersebut stres atau melakukan kegiatan fisik. Selain itu kolesterol tinggi juga meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner.


Resep Herbal HPA nya :
- SOS 3 x 3 Softgel
- Habat Gel 3 x 3 Softgel
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- Lakukan Berbekam
=========================================
92. Kudis, Kurap, Panu, Kutu Air

Kudis atau yang dikenal dalam istilah medisnya dengan skabies (scabies) adalah kondisi menular kulit yang disebabkan oleh penyusupan tungau kecil ke dalam lapisan kulit luar yang akan menimbulkan ruam kulit yang sangat gatal dan dapat menimbulkan keropeng. Tungau kecil tersebut tidak tampak dengan penglihatan mata biasa.

Kurap adalah penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh jamur. Selain menyerang kuku, tubuh bagian atas dan kepala, penyakit ini juga dapat muncul di selangkangan dan kaki. Kurap yang juga dikenal dengan istilah tinea ini termasuk penyakit yang umum dan dapat menyerang siapa saja, terutama anak-anak.

Panu adalah suatu penyakit infeksi jamur yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak kecil pada kulit. Warna bercak tersebut bisa lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit asli.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Habat Gel 3 x 3 Softgel
- SJ2 3 x 2 Kapsul
- MPH Hangat Balurkan
=========================================
93. Kuning

Penyakit kuning terjadi karena pembentukan bilirubin di dalam darah, bilirubin merupakan pigmen kuning yang terbentuk dari pemecahan sel-sel darah merah yang sudah tua.

Pemecahan sel-sel darah merah tersebut merupakan sesuatu yang normal, namun bilirubin yang terbentuk tidak selalu menyebabkan penyakit kuning karena bilirubin diolah oleh hati dan dikirim ke usus.

Bagaimanapun, bayi baru lahir sering mengalami penyakit kuning pada beberapa hari pertama karena enzim di hati yang bertugas mengolah bilirubin relatif belum matang.

Terlebih, bayi baru lahir memiliki sel darah merah yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa, dan dengan demikian lebih banyak yang dipecahkan dalam satu waktu; kebanyakan sel-sel ini berbeda dengan sel darah merah orang dewasa dan lebih mudah pecah.

Hal ini berarti lebih banyak bilirubin yang dihasilkan bada tubuh bayi baru lahir. Jika bayi lahir prematur, atau stres karena proses kelahiran yang sulit, atau bayi dari ibu yang menderita diabetes, atau jumlah sel darah merah yang pecah lebih banyak dari biasanya (seperti yang bisa terjadi pada golongan darah ibu dan bayi yang tidak sama), maka jumlah bilirubin dalam darah dapat meningkat lebih dari level yang seharusnya.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Habat Gel 3 x 3 Softgel
- SOS 3 x 2 Kapsul
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
=========================================
94. Kusta / Lepra / Hansen

Kusta, yang juga dikenal dengan nama lepra atau penyakit Hansen, adalah penyakit yang menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas, serta mata. Kusta bisa menyebabkan luka pada kulit, kerusakan saraf, melemahnya otot, dan mati rasa.

Kusta disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Bakteri ini memerlukan waktu 6 bulan hingga 40 tahun untuk berkembang di dalam tubuh. Tanda dan gejala kusta bisa saja muncul 1 hingga 20 tahun setelah bakteri menginfeksi tubuh penderita.

GEJALA :
Gejala dan tanda kusta tidak nampak jelas dan berjalan sangat lambat. Bahkan, gejala kusta bisa muncul 20 tahun setelah bakteri berkembang biak dalam tubuh penderita. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mati rasa, baik sensasi terhadap perubahan suhu, sentuhan, tekanan ataupun rasa sakit.
  • Muncul lesi pucat dan menebal pada kulit.
  • Muncul luka tapi tidak terasa sakit.
  • Pembesaran saraf yang biasanya terjadi di siku dan lutut.
  • Kelemahan otot sampai kelumpuhan, terutama otot kaki dan tangan.
  • Kehilangan alis dan bulu mata.
  • Mata menjadi kering dan jarang mengedip, serta dapat menimbulkan kebutaan.
  • Hilangnya jari jemari.
  • Kerusakan pada hidung yang dapat menimbulkan mimisan, hidung tersumbat, atau kehilangan tulang hidung.

PENYEBAB :
Kusta disebakan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Bakteri ini tumbuh pesat pada bagian tubuh yang bersuhu lebih dingin seperti tangan, wajah, kaki, dan lutut.

M. leprae termasuk jenis bakteri yang hanya bisa berkembang di dalam beberapa sel manusia dan hewan tertentu. Cara penularan bakteri ini diduga melalui cairan dari hidung yang biasanya menyebar ke udara ketika penderita batuk atau bersin, dan dihirup oleh orang lain. Namun penyakit ini tidak mudah untuk ditularkan, perlu beberapa bulan kontak yang sering dengan penderita kusta, sehingga penyakit ini dapat ditularkan.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Antirac/SJ2 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 2 Kapsul
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
=========================================
95. Kutil

Kutil adalah infeksi pada permukaan kulit yang ditandai dengan benjolan kecil, bertekstur kasar, berwarna pucat atau kecokelatan, serta terkadang terasa gatal dan sakit jika disentuh. Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Virus ini menyerang dan menyebabkan kelainan pada lapisan kulit, sehingga memproduksi keratin (protein penyusun rambut dan kuku) lebih banyak dari yang dibutuhkan. Kelebihan keratin ini akan menumpuk di permukaan kulit, sehingga terbentuk tekstur kulit baru yang disebut kutil.

Virus penyebab kutil dapat menular dengan mudah. Penularan kondisi ini dapat terjadi jika seseorang bersentuhan langsung dengan kulit penderita atau benda yang terkontaminasi virus HPV. Walau demikian, tidak semua orang yang bersentuhan dengan virus HPV akan mengalami gejala kutil, karena sangat dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh masing-masing.

Kutil menyerang segala usia, khususnya orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang masih rendah, seperti anak-anak dan remaja. Kutil sering kali muncul di siku, di sekitar kuku-kuku, telapak, dan jari-jari tangan atau kaki.


Resep Herbal HPA nya :
- Sharckcartilage  3 x 3 Kapsul
- MPH Hangat Oleskan
=========================================
96. Kutu Air

Kutu air atau tinea pedis adalah infeksi jamur yang menimbulkan gejala berupa ruam bersisik dan terdapat pada sela-sela jari kaki. Kutu air berisiko tinggi dialami oleh orang yang kurang menjaga kebersihan kaki, jarang mengganti kaus kaki, dan sering menggunakan sarana publik seperti pemandian umum. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, kondisi ini dapat memburuk dan menyebar ke bagian tubuh lain, bahkan memicu munculnya peradangan pada kelenjar getah bening.

GEJALA :
Kutu air menimbulkan gejala berupa ruam bersisik yang terasa gatal dan terdapat di antara sela-sela jari kaki. Gatal akan semakin terasa ketika pasien melepas sepatu dan kaus kaki setelah beraktivitas.

PENYEBAB :
Kutu air atau tinea pedis ini dapat disebabkan oleh berbagai jenis jamur, namun yang paling sering adalah dermatophytes, jamur yang juga menjadi penyebab kurap. Jamur-jamur penyebab kutu air merupakan jamur yang hidup di lingkungan bersuhu hangat dan lembap, seperti kamar mandi dan kolam renang. Seseorang dapat tertular jamur kutu air melalui sentuhan langsung dengan kulit yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- MPH Hangat Oleskan atw RPG buat Salep
- SJ2/Antirac 3 x 3 Kapsul
=========================================
97. Limfoma

Limfoma adalah kanker yang tumbuh akibat perubahan genetic (mutasi) sel limfosit (sel darah putih yang bertanggung jawab atas pertahanan alami tubuh). Mutasi ini bisa menyerang batas tepi (lineage) sel B, sel T, ataupun sel NK.

GEJALA :
Pembengkakan kelenjar getah bening pada daerah leher, ketiak atau pangkal paha. Penurunan berat badan secara drastis. Rasa lelah yang terus menerus. Batuk-batuk dan sesak napas. Gatal-gatal. Demam tanpa sebab. Keringat dingin pada malam hari.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 2 Softgel
- Spirulina 3 x 3 Kapsul
- Habat Gel 3 x 2 Softgel
=========================================
98. Lipoma

Lipoma adalah benjolan lemak yang tumbuh secara lambat di antara kulit dan lapisan otot. Lipoma bisa bergerak atau bergeser jika ditekan dengan jari secara perlahan-lahan dan terasa lunak. Ketika ditekan, lipoma biasanya tidak menyebabkan rasa sakit.

Sebagai lemak, lipoma mampu tumbuh dibagian tubuh mana saja yang memiliki sel lemak, bahkan di bagian tubuh yang tersembunyi sehingga mempersulit menanganannya.

Lipoma bersifat lunak pada perabaan, dapat digerakkan, dan tidak nyeri. pertumbuhannya sangat lambat dan jarang sekali menjadi ganas. Lipoma kebanyakan berukuran kecil, namun dapat tumbuh hingga mencapai lebih dari diameter 6 cm.

PENYEBAB :
Tidak selalu jika kita mempunyai orangtua atau leluhur yang mempnyai lipoma ini, maka kita akan mempunyai lipoma juga. Namun ada suatu sindrom yang disebut hereditary multiple lipomatosis, yaitu seseorang yang mempunyai lebih dari 1 lipoma pada tubuhnya.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 2 Softgel
- Spirulina 3 x 3 Kapsul
- Habat Gel 3 x 2 Softgel
- Lakukan Berbekam
=========================================
99. Penyakit Liver

Penyakit Liver adalah Gangguan fungsi hati yang parah akan menyebabkan penyakit liver. Karena penyakit liver merupakan kerusakan fungsi hati yang sudah pada tahap yang cukup parah. Penyakit yang mematikan juga di sebabkan oleh penyakit liver karena fungsi hati sangat penting untuk kelansungan hidup. Awal penyebab penyakit liver bisa dikarenakan obat atau alkohol yang akan merusak fungsi hati, karena terlalu mamaksakan kerja hati semakin berat dan akhir nya tidak dapat di atasi lagi hingga menyebabkan penyakit liver. Atau bisa juga dikarenakan kerusakan fungsi hati karena penyakit hepatitis yang di derita terlalu lama tanpa di beri pengobatan yang baik.

GEJALA :
  • Kulit dan mata yang tampak kekuningan (jaundice)
  • Nyeri perut dan bengkak
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
  • Kulit yang gatal
  • Warna urin gelap
  • Warna feses pucat, atau berdarah
  • Kelelahan kronis
  • Mual atau muntah
  • Kehilangan selera makan
  • Kecenderungan untuk mudah memar

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 2 Softgel
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- Lakukan Berbekam
=========================================
100. Lupus

Lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang keliru sehingga mulai menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Inflamasi akibat lupus dapat menyerang berbagai bagian tubuh, misalnya: Kulit, Sendi, Sel darah, Paru-paru, Jantung.

Penyakit ini memang tidak menular, tapi bisa berbahaya dan bahkan berpotensi mematikan.

GEJALA :
Gejalanya kerap mirip dengan penyakit lain sehingga sulit untuk didiagnosis. Gejala lupus sangat beragam. Ada yang ringan dan ada yang bahkan mengancam jiwa. Gejala umumnya adalah ruam kulit, kelelahan, sakit dan pembengkakan pada sendi.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 2 Softgel
- Habat Gel 3 x 2 Softgel
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
=========================================
101. Maagh

Penyakit maagh adalah penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung, dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan.

GEJALA :
Sakit saat buang air besar. Mual dan muntah. Sering merasa lapar. Perut kembung. Nyeri yang luar biasa.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- HTA 3 x 3 Kapsul
- Gamat  3 x 3 Kapsul
=========================================
102. Malaria

Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit. Malaria menyebar melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi oleh parasit. Malaria bahkan bisa mematikan jika tidak ditangani dengan benar.

GEJALA :
Gejala malaria biasanya akan muncul antara satu sampai dua minggu setelah tubuh terinfeksi. Dalam beberapa kasus yang jarang, gejala muncul setahun setelah gigitan nyamuk terjadi. Gejala-gejala malaria yang biasanya terjadi adalah munculnya demam, berkeringat, menggigil atau kedinginan, muntah-muntah, sakit kepala, diare, dan nyeri otot.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- Gamat  3 x 3 Kapsul
=========================================
103. Masuk Angin

Masuk angin adalah suatu "penyakit" yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Masuk Angin diyakini menjadi penyakit yang nyata, namun saat ini belum ada bukti medis untuk mendukung klaim ini.

GEJALA :
Tubuh terasa tidak nyaman (meriang/menggigil). Selalu merasa kedinginan, Cegukan. Perut kembung, Mudah lelah. Sering mengantuk, Pilek, Demam, Diare. Mual dan muntah, Berkeringat dingin. Sulit untuk mengeluarkan kentut maupun bersendawa. Nafsu makan berkurang.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- HTA 3 x 3 Kapsul
- Gamat  3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
104. Mencret / Diare

Diare (mencret) adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam.

Di negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.

GEJALA :
Gejala yang biasanya ditemukan adalah buang air besar terus menerus disertai dengan rasa mulas yang berkepanjangan, dehidrasi, mual dan muntah. Tetapi gejala lainnya yang dapat timbul antara lain pegal pada punggung, dan perut sering berbunyi.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Spirulina 3 x 3 Kapsul
- Gamat  3 x 3 Kapsul
=========================================
105. Meningitis

Meningitis atau Radang Selaput Otak adalah infeksi pada meninges (selaput pelindung) yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Ketika meradang, meninges membengkak karena infeksi yang terjadi. Sistem saraf dan otak bisa rusak pada beberapa kasus. Tiga gejala meningitis yang patut diwaspadai adalah demam, sakit kepala, dan leher yang terasa kaku.

GEJALA :
  • Mereka mungkin merasa gelisah, tapi tidak ingin disentuh
  • Demam tinggi dengan tangan dan kaki terasa dingin
  • Menangis seperti melengking (high pitched cry) secara terus menerus
  • Terlihat bingung, lemas, dan kurang responsif
  • Beberapa anak akan mudah mengantuk dan sulit dibangunkan
  • Mungkin ada ruam merah yang tidak hilang ketika gelas digulirkan dengan sedikit ditekan di atasnya
  • Menolak menyusu atau makan disertai muntah
  • Kejang-kejang

Resep Herbal HPA nya :
- WAVE Tetes pada Mata Kanan dan Kiri min 3x/hari
- SOS 3 x 2 Softgel
- Spirulina 3 x 3 Kapsul
- Gamat  3 x 3 Kapsul
=========================================
106. Menopause

Menopause adalah masa berakhirnya siklus menstruasi. Seiring dengan proses penuaan, semua wanita akan mengalami proses ini.

Fase alami tersebut disebabkan oleh perubahan pada kadar hormon tubuh wanita. Menjelang akhir usia 30 tahun, kinerja ovarium akan menurun dan pada akhirnya berhenti memproduksi hormon reproduksi di kisaran usia 50 tahun.

PENYEBAB :
Menopause prematur terjadi akibat ovarium berhenti menghasilkan hormon-hormon reproduksi dalam jumlah normal. Penyebab masalah ini belum diketahui secara pasti, tapi kelainan genetika atau Penyakit Autoimun diduga berpotensi menjadi pemicunya.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SOS 3 x 2 Softgel
- Paramaria 3 x 3 Kapsul
- MPH Oleskan pada Mr.P saat mau berhubungan
=========================================
107. Migrain

Pengidap migrain umumnya merasakan sakit kepala hebat di bagian depan atau satu sisi kepala. Beberapa orang hanya sesekali terserang migrain. Bahkan ada yang hanya mengalami migrain satu-dua kali dalam beberapa tahun. Namun ada juga pengidap yang merasakan kondisi ini hingga beberapa kali seminggu.

GEJALA :
Sakit kepala yang memukul atau berdenyut, yang sering berawal sebagai rasa nyeri dan berkembang menjadi rasa sakit berdenyut-denyut. Rasa sakit biasanya diperparah oleh aktivitas fisik. Rasa sakit dapat bergeser dari satu sisi kepala ke sisi yang lain, atau dapat mempengaruhi kepala bagian depan atau merasa seperti sakitnya mempengaruhi seluruh kepala.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- HTA  3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
108. Mimisan

Epistaksis atau mimisan biasanya di alami oleh anak kecil tapi dapat dimungkin juga terjadi pada orang dewasa.

Mimisan adalah sebuah kejadian dimana terjadi pendarahan yang lalu keluar dari lubang hidung yang merupakan kejadian yang dapat disebabkan oleh pembuluh darah yang masih sangat tipis dan peka karena suatu benturan atau trauma akibat mengkorek-korek hidung, bersin yang terlalu keras dan kuat, perubahan cuaca mendadak yang ekstrim (panas, kering) dan tekanan udara juga dapat sebagai pemicu terjadinya mimisan yang dapat terjadi secara mendadak.

Mimisan bisa juga karena sering terjadi masuknya benda asing ke dalam lubang hidung seperti biji-bijian, atau benda kecil lain yang menimbulkan infeksi.

Mimisan bukanlah penyakit tetapi merupakan suatu gejala dari adanya kelainan sehingga pada saat seseorang dengan kondisi mimisan dan terjadi perdarahan di hidung mungkin orang lain yang melihatnya akan panik dikarenakan perdarahan yang keluar dari hidung baik dari satu maupun dari kedua lubang hidung penderita. Namun dengan penanganan yang tepat perdarahan yang terjadi dapat segera teratasi.

PENYEBAB :
Trauma, Faktor Cuaca, Tumor, Saat Mengalami Demam Berdarah, Menghirup Bahan Kimia


Resep Herbal HPA nya :
- Sari Kurma : Balita 3 x 2 sdt dan Anak diatas 5 tahun 3 x 1 sdm
- Spirulina : Balita 1 kapsul dibagi 2 untuk pagi sore campur dengan Sari Kurma. Untuk anak diatas 5 tahun 3 x 2 kapsul
=========================================
109. Miom

Miom adalah Bungkus otot rahim yang berubah menjadi tumor jinak. Istilah sederhananya, daging-tumbuh di rahim.

Sebagian besar myom tumbuh di dalam dinding rahim (myom uteri). Gejala yang ditimbulkan biasanya tidak akan terlalu berat dan jarang mengganggu kehamilan. Sebagian kecil lagi tumbuh di leher rahim (miom servik uteri). Bisa menyebabkan infertilitas, karena akan mengganggu masuknya sperma ke rahim.

GEJALA :
Jika ukurannya kecil, adanya miom di tubuh sulit dideteksi. Namun bisa cukup besar, akan timbuil gejala:
  • Nyeri perut atau pinggul.
  • Perut terasa penuh dan kadang membesar seperti wanita hamil.
  • Nyeri saat bersenggama.
  • Gejala anemia karena kehilangan darah haid.
  • Sering berkemih karena miom menekan kandung kemih.
  • Tekanan pada panggul.
  • Gangguan haid seperti tidak teratur, nyeri, dan pendarahan tidak normal (lebih banyak atau lebih lama).
  • Sebagian wanita kadang mengeluhkan frekuensi buang air kecil yang tinggi (ingin buang air kecil terus)

PENYEBAB :
Faktor hormonal, terutama hormon estrogen. Myom cenderung berkembang pada masa reproduksi, dan dapat bertambah besar dengan cepat selama kehamilan. Miom biasanya menyusut setelah menopause ketika kadar estrogen menurun. Faktor-faktor lain seperti ketidakseimbangan emosi, misalnya sering stres, daya tahan tubuh rendah, dan gaya hidup yang tidak sehat dan seimbang


Resep Herbal HPA nya :
- Paramaria 3 x 3 Kapsul
- Sharkcartilage 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 3 Softgel
=========================================
110. Nafas Bau

Bau mulut adalah masalah umum yang dialami tiap orang dari segala usia. Meski begitu, masalah ini tidak lagi menjadi sesederhana yang dikira saat bau mulut membuat Anda menjadi tidak percaya diri ketika mengobrol bersama teman-teman atau bahkan dengan klien. Faktanya pada sekitar seperempat orang yang mengalami bau mulut, kondisi ini ternyata bersifat menetap.

PENYEBAB :
Bau mulut yang tidak sedap umumnya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah. Umumnya aroma tersebut muncul ketika terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri. Kondisi ini disebut mulut kering atau xerostomia.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 3 Softgel
- Lakukan Berbekam
=========================================
111. Narkoba

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Bahaya narkoba tidak hanya berpengaruh pada fisik saja tetapi bisa mengganggu mental atau jiwa pecandu narkoba tersebut.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- AVE Tetes pada Mata Kanan dan Kiri min 3x/hari
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- Lakukan Berbekam
- HIJRAH KOMUNITAS
=========================================
112. Neuropati

Neuropati adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi-kondisi yang terkait dengan kelainan pada fungsi saraf. Kata neuropati itu sendiri berarti gangguan saraf. Saraf-saraf yang ada di seluruh tubuh dapat mengalami gangguan akibat penyakit tertentu maupun cedera.


Resep Herbal HPA nya :
- WAVE Tetes pada Mata Kanan dan Kiri min 3x/hari
- SOS 3 x 2 Softgel
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam
=========================================
113. Nutrisi Ibu Hamil

Gizi dan Nutrisi ibu hamil merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan berlangsung. Resiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung dan ibu yang mengandung akan berkurang jika ibu hamil mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang.

Oleh karena itu, keluarga dan ibu hamil haruslah memperhatikan mengenai hal ini. Gizi atau nutrisi ibu hamil kondisinya sama saja dengan pengaturan gizi mengenai pola makan yang sehat.

Cuman saja, ibu hamil harus lebih hati-hati dalam memilih makanan karena mengingat juga kesehatan janin yang sedang dikandungnya.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Spirulina 3 x 3 Kapsul
- Sari Kurma 3 x 1 sdm
- Setelah  Usia kandungan 4 sd 8 bulan Omega3 Kapsul 3 x 2 Kapsul
=========================================
114. Nutrisi Otak

Otak merupakan salah satu organ vital yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sebagai pusat sistem saraf, otak berfungsi mengatur sebagian besar organ lain di tubuh Anda. Otak juga berkaitan erat dengan pemikiran dan kemampuan kognitif. Karena itulah, kesehatan otak harus dijaga agar tetap dapat bekerja secara optimal.

Selain menghindari stres dan cukup beristirahat, otak memerlukan asupan nutrisi yang cukup dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Nutrisi ini juga membantu meningkatkan kekuatan otak dan menghindari serangan berbagai penyakit.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Omega3 Kapsul 3 x 3 Kapsul
=========================================
115. Obesitas

Obesitas adalah penumpukan lemak yang berlebihan, berbeda dengan overweight (kelebihan berat badan). Obesitas dan kelebihan berat badan dalam dekade terakhir menjadi masalah global.

GEJALA :
Kurang olahraga. Konsumsi makanan berlebihan (lebih dari yang diperlukan tubuh). Sering mengonsumsi alkohol. Makanan yang tidak sehat seperti: fast food. Hipotiroid (sekresi kelenjar Tiroid yang berkurang). Menopause. Stres, kurang tidur (dapat memicu nafsu makan).


Resep Herbal HPA nya :
- Slim Lemon 3 x 2 sdm campur madu Arab 1 sdm seduh dalam air hangat -+ 150 Ml
- HTA 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 2 Softgel
- Lakukan Berbekam
 =========================================
116. Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang sistemik yang ditandai dengan penurunan kualitas dan kepadatan massa tulang, sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan risiko patah tulang (WHO 1994).

GEJALA :
Gejala osteoporosis sering diabaikan oleh pasien karena tidak ada gejala spesifik. Gejala dapat berupa nyeri pada tulang dan otot, terutama sering terjadi pada punggung.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Kapsul Daun Kelor 3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam
 =========================================
117. Paru-paru Basah

Dalam dunia medis, istilah yang tepat untuk paru-paru basah adalah Pneumonia. Ini merupakan infeksi pada salah satu atau kedua paru-paru. Infeksi dapat disebabkan oleh jamur, bakteri, atau virus. Pada pneumonia terjadi peradangan atau infeksi pada kantung-kantung udara di paru-paru (alveoli). Pada kondisi ini alveoli dipenuhi oleh cairan atau nanah, maka tak heran dokter-dokter zaman dulu membahasakan kondisi ini sebagai paru paru basah.

GEJALA:
Sakit dada Demam dan menggigil, Batuk kering, Nyeri otot, Mual / muntah, Napas cepat, Denyut jantung yang cepat, Kesulitan bernapas


Resep Herbal HPA nya :
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 3 Softgel
=========================================
118. Parkinson

Penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Gejala yang banyak diketahui orang dari penyakit Parkinson adalah terjadinya tremor atau gemetaran.

GEJALA:
  • Merasa lemah atau terasa lebih kaku pada sebagian tubuh.
  • Gemetaran halus pada salah satu tangan saat beristirahat.
Setelah gejala awal di atas, maka akan muncul gejala-gejala yang akan dialami oleh penderita penyakit Parkinson:
  • Tremor makin parah dan menyebar.
  • Otot terasa kaku dan tidak fleksibel.
  • Pergerakan menjadi lambat.
  • Berkurangnya keseimbangan dan juga koordinasi tubuh.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- WAVE Tetes pada Mata Kanan dan Kiri min 3x/hari
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Habat Gel 3 x 2 Softgel
- Lakukan Berbekam
=========================================
119. Pasca Bersalin

Kebahagiaan dengan kehadiran si bayi mungil harus dibarengi kondisi fisik dan psikis ibu yang sehat. Untuk itu, lakukan perawatan yang tepat. Yang jelas, usai persalinan kondisi ibu masih letih.

Daya tahan tubuh masih lemah sehingga membuat ibu rentan infeksi dan gampang jatuh sakit. Padahal ibu perlu banyak energi untuk mengurus dan merawat si kecil.

Konsumsi herba dengan nilai gizi tinggi yang tepat dapat membantu memulihkan tenaga dan vitalitas si ibu.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Spirulina 3 x 3 Kapsul
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Habat Gel 3 x 2 Softgel
=========================================
120. Pengapuran

Pengapuran adalah istilah awam untuk keadaan dimana ada pertumbuhan tulang atau ada kekakuan persendian akibat rusaknya bantalan sendi.

Fungsi tulang rawan sendi dapat diibaratkan seperti fungsi ban yang melapisi velg kendaraan sehingga mobil dapat bergerak bebas tanpa hambatan. Sama seperti ban mobil yang akan menipis karena aus akibat bergesekan dengan jalan, demikian juga tulang rawan sendi akan aus dan menipis karena saling bergesekan setiap kali sendi bergerak.

Jika tulang rawan sendi rusak dan menipis, ujung tulang pembentuk sendi akan saling bertemu dan bergesekan langsung tanpa pelapis tulang rawan, sehingga menimbulkan nyeri sendi.

GEJALA :
Gejala pengapuran sendi stadium dini biasanya berupa nyeri dan kekakuan sendi setelah lama tidak bergerak, seperti setelah bangun tidur atau setelah duduk dalam waktu lama. Sendi lutut juga terasa sakit jika digunakan untuk berjalan, naik-turun tangga, atau berjongkok. Sering terdengar bunyi ¡°krek-krek¡± pada saat sendi lutut digerakkan.

Pada foto Rontgen, celah sendi lutut yang mengalami pengapuran sendi tampak lebih sempit dibanding celah sendi yang normal.

Derajad penyempitan celah sendi pada foto Rontgen inilah yang digunakan untuk menentukan berat ringannya (stadium) pengapuran sendi. Ada 4 stadium pengapuran sendi, yaitu stadium 1 dan 2 dikategorikan sebagai pengapuran sendi ringan, sedangkan stadium 3 dan 4 sebagai pengapuran sendi berat.

Pada stadium 1, celah sendi masih normal lebar, tetapi ada rasa nyeri pada sendi lutut. Celah sendi pada stadium 2 lebih sempit dibanding normal. Sementara pada stadium 3, celah sendi sangat sempit dan pada stadium 4, celah sendi menutup; keadaan ini disebabkan karena lapisan tulang rawan yang melapisi ujung tulang dan ¡°mengisi¡± celah sendi telah hilang sama sekali.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Kapsul Daun Kelor 3 x 3 Kapsul
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Zaitun  3 x 1 sdm
=========================================
121. Polip

Polip adalah penyumbatan rongga hidung karena adanya pembengkakan atau pembesaran daging tumbuh di dalam rongga hidung. Pembesaran ini biasanya disebabkan oleh infeksi sinusitis atau alergi.

Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan pada saluran pernapasan hidung atau pada sinus. Polip adalah jaringan yang lembut, tidak terasa sakit dan tidak bersifat kanker. Polip memiliki bentuk seperti anggur yang tergantung pada batangnya. Sinus adalah lubang-lubang kecil berisi udara yang ada di sekitar tulang wajah.

Polip hidung memiliki bentuk dan warna yang beragam. Polip dengan ukuran besar bisa menyumbat saluran hidung. Ini bisa menyebabkan munculnya gejala polip seperti hidung tersumbat, hidung berair, kesulitan bernapas, gangguan pada indera penciuman dan indera perasa. Sedangkan polip berukuran kecil mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun. Polip tidak meningkatkan risiko penderitanya untuk menderita kanker hidung.

PENYEBAB :
Hingga kini, penyebab dasar tumbuhnya polip belum diketahui. Pertumbuhan polip diduga adalah hasil dari inflamasi akibat alergi, infeksi, asma atau kelainan sistem kekebalan tertentu. Polip hidung bisa memengaruhi siapa saja, tapi lebih cenderung terjadi pada orang dewasa. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko menderita polip hidung adalah intoleransi terhadap aspirin, sindrom Churg Strauss, alergi rhinitis, sinusitis, dan fibrosis kistik.

Faktor genetika juga diperkirakan berperan dalam pertumbuhan polip. Seorang anak akan lebih berisiko mengalami polip hidung jika orang tuanya memiliki polip.


Resep Herbal HPA nya :
- IMS Sepray pada mulut dan bawah Lidah 3x
- SOS 3 x 2 Softgel
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Zaitun  3 x 1 sdm
=========================================
122. Prostat

Prostat adalah kelenjar alat kemih kelamin pada pria, yang letaknya melingkar pada bagian atas kandung kemih dan saluran kencing (uretra). Prostat merupakan pengatur jalan antara air kencing dan air mani (sperma). Pada seseorang yang berusia lanjut, prostat dapat menimbulkan masalah.

Masalah yang terjadi yakni terjadi pembesaran dan pembengkakan ada saluran prostat sehingga menghambat pengeluaran air seni.

GEJALA :
Gejalanya seperti sering buang air kecil atau terasa sakit ketika buang air, aliran kecing kecil atau merasa kandung kemih tidak pernah kosong. Biasanya gejala ini diikuti dengan rasa demam, kedinginan, dan menimbulkan rasa sakit pada bagian punggung bawah dan pinggang.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Kapsul Malac 3 x 3 Kapsul
- SJ2 3 x 3 Kapsul
- SOS  3 x 2 Softgel
=========================================
123. Radang Empedu

Radang Empedua dalah penyakit yang ditandai dengan peradangan, infeksi, dan penyumbatan pada kandung empedu. Radang empedu adalah penyakit tanpa gejala yang khas. Bahkan, ada kemiripan gejala antara penyakit maag atau lambung dengan penyakit radang empedu. Kadangkala, adanya kemiripan ciri-ciri ini membuat orang sulit membedakan apakah dirinya sedang menderita penyakit radang kandung empedu atau sakit maag.

PENYEBAB :
Radang kandung batu empedu adalah penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada kandung empedu. Peradangan kandung empedu dapat terjadi karena dua hal, yaitu: 

(1). karena adanya radang kandung empedu dan 
(2). karena adanya batu empedu.

Radang kandung empedu yang terjadi karena adanya batu empedu dapat menyumbang saluran kandung empedu. Penyumbatan saluran ini dapat menimbulkan rasa sakit dan peradangan, yang mengakibatkan terjadinya serangan sakit yang bersifat mendadak di bagian perut sebelah atas. Lama waktu serangan rasa sakit ini bisa berlangsung selama beberapa jam.

Radang kandung empedu yang diakibatkan oleh karena adanya batu empedu, yang berupa batu kolesterol dan batu pigmen. Bentuk dan ukuran batu empedu ini bisa seperti butiran pasir, bahkan bisa sampai lebih besar dari bola golf.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Kapsul Malac 3 x 3 Kapsul
- Zaitun 3 x 1 sdm
=========================================
124. Rematik

Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Rematik terdiri atas berbagai jenis dan bisa menjangkiti persendian mana pun pada tubuh.

Terdapat lebih dari 100 jenis rematik dan berikut ini adalah beberapa jenis rematik yang paling umum terjadi.

Rheumatoid arthritis
Rheumatoid arthritis atau artritis reumatoid adalah kondisi ketika kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan-jaringan sendi. Akibatnya, sendi-sendi yang terserang akan mengalami peradangan.

Osteoartritis
Osteoartritis adalah penyakit persendian yang menimbulkan rasa sakit dan terbatasnya pergerakan sendi, serta seiring waktu bisa menyebabkan kerusakan tulang rawan. Penyakit ini bisa menjangkiti berbagai macam persendian, namun persendian yang paling sering terkena dampaknya adalah jari, leher, kaki, pinggang, lutut, dan pinggul. Penuaan atau bertambahnya usia merupakan faktor umum terjadinya osteoartritis.

Sindrom Sjogren
Sindrom Sjogren adalah penyakit sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang jaringan yang sehat dan menyebabkan peradangan. Penyakit ini lebih sering diderita oleh wanita dibandingkan pria, namun penyebab terjadinya sindrom Sjogren masih belum diketahui. Kondisi ini bisa terjadi sendiri, tapi bisa juga muncul bersama dengan penyakit sistem kekebalan tubuh lainnya, seperti lupus dan rheumatoid arthritis.

Lupus
Lupus juga merupakan penyakit yang terkait dengan kekebalan tubuh manusia dan memiliki istilah medis systemic lupus erythematosus atau disingkat SLE. Penyebab terjadinya lupus hingga saat ini masih belum diketahui pasti.

Ankylosing spondylitis
Ankylosing spondylitis adalah penyakit peradangan kronis yang menjangkiti tulang belakang dan bagian tubuh lainnya. Penyakit ini lebih sering diderita oleh remaja pria hingga usia 30 tahun


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat Kapsul 3 x 3 Kapsul
- Habat Gel 3 x 2 Softgel
- Lakukan Berbekam
=========================================
125. Rubella

Rubella atau campak Jerman adalah infeksi virus yang ditandai dengan ruam merah pada kulit. Rubella umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Di Indonesia sendiri, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) melaporkan bahwa terdapat lebih dari 400 kasus rubella yang tercatat pada tahun 2011.

Penyakit ini disebabkan oleh virus rubella dan dapat menyebar dengan sangat mudah. Penularan utamanya dapat melalui butiran liur di udara yang dikeluarkan penderita melalui batuk atau bersin. Berbagi makanan dan minuman dalam piring atau gelas yang sama dengan penderita juga dapat menularkan rubella. Sama halnya jika Anda menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda setelah memegang benda yang terkontaminasi virus rubella.

Rubella dan Kehamilan
Walau sama-sama menyebabkan ruam kemerahan pada kulit, rubella berbeda dengan campak. Penyakit ini biasanya lebih ringan dibandingkan dengan campak. Tetapi jika menyerang wanita yang sedang hamil, terutama sebelum usia kehamilan lima bulan, rubella berpotensi tinggi untuk menyebabkan sindrom rubella kongenital atau bahkan kematian bayi dalam kandungan. WHO memperkirakan tiap tahun terdapat sekitar 100.000 bayi di dunia yang terlahir dengan sindrom ini.

Sindrom rubella kongenital dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi, seperti tuli, katarak, penyakit jantung kongenital, kerusakan otak, organ hati, serta paru-paru. Diabetes tipe 1, hipertiroidisme, hipotiroidisme, serta pembengkakan otak juga dapat berkembang pada anak yang terlahir dengan sindrom ini.

GEJALA :
  • Demam.
  • Sakit kepala.
  • Hidung tersumbat atau beringus.
  • Tidak nafsu makan.
  • Iritasi ringan pada mata.
  • Pembengkakan kelenjar limfa pada telinga dan leher.
  • Ruam berbentuk bintik-bintik kemerahan yang awalnya muncul di wajah lalu menyebar ke badan, tangan, dan kaki. Ruam ini umumnya berlangsung selama 1-3 hari.
  • Nyeri pada sendi, terutama pada penderita remaja wanita.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- EPS Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- Gamat Kapsul 3 x 3 Kapsul
- Antirac 3 x 2 Kapsul
=========================================
126. Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan nyeri yang dirasakan di dalam atau di sekitar gigi yang terasa saat saraf di gigi teriritasi.

Sakit gigi dapat disebabkan oleh kerusakan atau kebusukan gigi, infeksi gigi oleh bakteri, fraktur gigi, kerusakan tambalan gigi, pergerakan berulang, atau bahkan infeksi gusi.

GEJALA :
Nyeri gigi yang terasa tajam, berdenyut, atau konstan (terus menerus).


Resep Herbal HPA nya :
- MPH Hangat Teteskan pada gigi yg sakit
- Gamat Kapsul 3 x 3 Kapsul
- Sikat Gigi Pakai RPG
=========================================
127. Sariawan

Salah satu permasalahan mulut yang sering dialami banyak orang adalah sariawan. Penyakit ini yang disebabkan oleh jamur Candida albicans ini memang tidak menular, tapi sangat mengganggu.

Penyebab Sariawan juga akan kekurangan Vit C

GEJALA : 
Luka berwarna putih yang biasa muncul di lidah atau dinding mulut. Sensasi terbakar pada lidah. Rasa sakit saat menelan. Rasa tidak nyaman di dalam mulut.


Resep Herbal HPA nya :
- MPH Hangat Oleskan pada Sariawan
- Gamat Kapsul 3 x 3 Kapsul
- Slim Lemon 3 x 1 sdm
- Sikat Gigi Pakai RPG
=========================================
128. Sembelit

Konstipasi atau sembelit adalah masalah pencernaan yang umum terjadi. Biasanya ditandai dengan susah buang air besar atau buang air besar tidak teratur. Selain orang yang menderita konstipasi sering mengalami pergerakan di usus, terasa melilit dan perut terasa sakit. Orang yang mengalami konstipasi biasanya hanya buang air besar sebanyak 3 kali seminggu atau bahkan kurang.

GEJALA :
Buang air besar lebih sedikit dari tiga kali seminggu. Sulit buang air besar. Tekanan pada perut yang menyiksa saat terjadinya pergerakan pada usus. Perasaan terjadi penyumbatan pada dubur. Perasaan tidak selesai setelah buang air besar.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- HTA 3 x 3 Kapsul
- Spirulina 3 x 3 Kapsul
=========================================
129. Sinus

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Inflamasi ini sering kali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinusitis termasuk penyakit umum yang bisa menjangkiti orang-orang pada segala umur.

GEJALA :
Sakit kepala, Batuk-batuk. Demam dengan suhu 38 Derajat Celcius atau lebih. Hidung tersumbat atau berair. Nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika ditekan. Kehilangan indera penciuman.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- HTA 3 x 3 Kapsul
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam dan ambil di titik Sinus
=========================================
130. Skabies

Skabies (scabies) merupakan infeksi kulit akibat kutu / tungau yang bernama sarcoptes scabiei. Kutu ini sangat menyukai tempat yang lembab dan memakan jaringan kulit mati manusia yang rontok dan menempel pada kain seperti tirai, sprei, kasur, bed cover, selimut, baju dan lain-lain.

Serangan kutu ini biasanya mengenai 1 orang dan kemudian menginfeksi orang lain yang tinggal sekamar / serumah dengan penderita. Karena metode penularan dari penyakit ini adalah kontak langsung dengan kulit penderita jadi biasanya diagnosa skabies sangat mudah diketahui karena biasanya bisa menyerang 1 keluarga yang tinggal serumah.

GEJALA:
Rasa gatal yang sangat dan terutama memburuk saat malam hari.
Timbulnya terowongan kecil dengan benjolan kecil di ujungnya pada kulit.
Menyerang sela jari kaki, sela jari tangan , bokong, sekitar organ intim, punggung, dan lain-lain.
Jika digaruk akan mengeluarkan cairan bening yang bisa menyebarkan rasa gatal pada tempat lain.
Biasa menyerang 1 keluarga.


Resep Herbal HPA nya :
- EPS Sepray Pada Tempat yg terserang Scabies, mulut dan Bawah Lidah
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Antirac 3 x 3 Kapsul
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Mandi dengan rebusan garam dan daun/pohon yang pahit seperti garam & sirih merah atau sambiloto.
- MPH Balurkan Pada tempat Scabies
=========================================
131. Stroke

Stroke adalah penyakit gangguan pembuluh darah otak yang ditandai dengan kematian jaringan otak (Infark Cerebri) yang terjadi akibat berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak yang disebabkan oleh adanya sumbatan, penyempitan (iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (perdarahan).

TANDA-TANDA :
Rasa bebal atau mati mendadak atau kehilangan rasa dan lemas pada muka, tangan atau kaki, terutama pada satu bagian tubuh saja; Rasa bingung yang mendadak, sulit bicara atau sulit mengerti; Satu mata atau kedua matamendadak kabur; Mendadak sukar berjalan, terhuyung dan kehilangan keseimbangan; Mendadak merasa pusing dan sakit kepala tanpa diketahui sebab musababnya.


Resep Herbal HPA nya :
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- WAVE Tetes pada Mata Kanan dan Kiri 3x
- SOS 3 x 3 Softgel
- MPH Hangat Balurkan Pada Kepala
- Lakukan Berbekam dan ambil juga di kepala
=========================================
132. Syaraf Terjepit (HNP)

HNP adalah singkatan sari Herniasi Nukleus Pulposus (Herniated Nucleus Pulposus) artinya adanya penonjolan inti dari diskus yang menjadi bantalan tulang belakang (lihat gambar HNP di bawah) sehingga penonjolan tersebut menekan saraf sebagai akibatnya timbullah rasa sakit, kesemutan, dan kelemahan pada nggota gerak yang dipersarafi bisa punggung, pinggang, lengan atau tungkai.

Penyakit HNP inilah yang dikenal dimasyarakat kita sebagai ¡°saraf terjepit¡±, namun perlu diketahui bahwa istilah saraf kejepit tergolong umum karena saraf kejepit bukan hanya penyakit HNP tapi masih ada yang lainnya, mungkin akan kita bahas pada kesempatan yang lain.

GEJALA:
Lengan atau sakit kaki. Jika HNP terjadi di punggung bawah atau HNP lumbal, maka akan merasakan sakit yang paling intens pada bokong, paha dan betis serta kaki. Jika HNP terjadi pada tulang belakang pada leher, nyeri biasanya akan paling intens di bahu dan lengan. Rasa sakit biasanya akan memburuk ketika batuk, bersin atau menggerakkan tulang belakang ke posisi tertentu.
Mati rasa atau kesemutan. Orang dengan HNP sering mengalami mati rasa atau kesemutan di bagian tubuh yang disarafi oleh saraf yang terkena.
Kelemahan. Otot yang dipersarafi oleh saraf yang terjepit cenderung melemah dari waktu ke waktu. Hal ini dapat menyebabkan seseorang mudah tersandung, atau tidak kuat mengangkat atau memegang barang.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Radix Kapsuk 3 x 3 Kapsul
- WAVE Tetes pada Mata Kanan dan Kiri min 3x/hari
- Chiro Praktik dan Berbekam
=========================================
133. TBC (Tuberkulosis)

Tuberkulosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh kuman Mycrobacterium tuberculosis ini, menyebabkan kerusakan terutama pada paru, menimbulkan ganggun berupa batuk, sesak napas, bahkan dapat menyebar ke tulang, otak, dan organ lainnya. Bila dibiarkan, kuman ini dapat menggerogoti tubuh dan menyebabkan kematian.

GEJALA :
Batuk kronis, Demam; Berkeringat waktu malam; Keluhan pernapasan, Sesak nafas; Perasaan letih, Malaise; Hilang nafsu makan, Turunnya berat badan; Rasa nyeri di bagian dada; Dahak berupa lendir atau mengandung darah


Resep Herbal HPA nya :
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsil
- SOS 3 x 3 Softgel
- MPH Hangat Balurkan Pada Dada dan Perut
- Lakukan Berbekam
=========================================
134. Tetanus

Tetanus adalah kejang bersifat spasme (kaku otot) yang dimulai pada rahang dan leher. Kondisi ini disebabkan oleh racun berbahaya bakteri Clostridium tetani, yang masuk menyerang saraf tubuh melalui luka kotor.

Clostridium tetani bisa bertahan hidup di luar tubuh dalam bentuk spora untuk waktu yang sangat lama. Mislanya, dalam debu, tanah, serta kotoran hewan maupun manusia. Spora Clostridium tetani umumnya masuk ke tubuh melalui luka yang kotor, contohnya luka akibat cedera, digigit hewan, paku berkarat, atau luka bakar.

GEJALA :
Apabila berhasil memasuki tubuh, spora Clostridium tetani akan menjadi bakteri tetanus yang aktif. Spora tersebut kemudian akan berkembang biak untuk melepaskan neurotoksin atau racun yang menyerang sistem saraf.

Neurotoksin yang mengacaukan kinerja saraf itu berpotensi menyebabkan pengidap mengalami kejang yang menyerupai kekakuan otot. Inilah gejala utama tetanus yang bisa menyebabkan rahang pengidap mengatup rapat dan tidak bisa dibuka atau biasa disebut dengan istilah rahang terkunci (lockjaw). Selain itu, masalah sukar menelan juga bisa dialami oleh pengidap tetanus.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsil
- Habat Gel 3 x 3 Softgel
- MPH Hangat Balurkan Pada Luka
=========================================
135. Tifus (tipes)

Tifus (tipes) atau demam tifoid adalah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi dan umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit yang banyak terjadi di negara-negara berkembang dan dialami oleh anak-anak ini dapat membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan baik dan secepatnya. 

Tifus dapat menular dengan cepat. Infeksi demam tifoid terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi sejumlah kecil tinja yang mengandung bakteri. Pada kasus yang jarang terjadi, penularan terjadi akibat terkena urine yang terinfeksi bakteri.

GEJALA :
  • Demam tinggi
  • Diare atau konstipasi
  • Sakit kepala
  • Sakit perut

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsil
- SJ2 3 x 3 Kapsul
=========================================
136. TONSIL  (AMANDEL)

Tonsil atau istilah umum yang banyak dikenal orang dengan sebutan amandel adalah jaringan limfoid (kelenjar getah bening) yang terletak pada kerongkongan dan sebelah kiri dan kanan belakang rongga mulut.

GEJALA :
Nyeri tenggorok, Bau mulut, Demam, Rasa lemah. Sukar/nyeri waktu makan, Kurang nafsu makan. Nyeri pada teling (refered pain). Tidur mengorok, Bicara sengau/bindeng. Henti nafas saat tidur (Obsttructive sleep apnea). Pembesaran kelenjar getah bening leher.

Resep Herbal HPA nya :
- Semprot IMS di Mulut dan Bawah Lidah
- Spirulina : 3 x 2 kapsul
- Healthy Food 2sdm x 2
=========================================
137. Tuberkulosis

Tuberkulosis (TB) yang juga dikenal dengan singkatan TBC, adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini ditularkan dari penderita TB aktif yang batuk dan mengeluarkan titik-titik kecil air liur dan terinhalasi oleh orang sehat yang tidak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

TB termasuk dalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia. Data WHO menunjukkan bahwa pada tahun 2015, Indonesia termasuk dalam 6 besar negara dengan kasus baru TB terbanyak.

GEJALA :
TB paling sering menyerang paru-paru dengan gejala klasik berupa batuk, berat badan turun, tidak nafsu makan, demam, keringat di malam hari, batuk berdarah, nyeri dada, dan lemah. Jenis batuk juga bisa berdahak yang berlangsung selama lebih dari 21 hari.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsil
- SOS 3 x 2 softgel
- Lakukan Berbekam
=========================================
138. Tumor

Tumor adalah benjolan yang muncul akibat sel yang memperbanyak diri secara berlebihan, atau akibat sel lama yang seharusnya mati masih terus bertahan hidup, sementara pembentukan sel baru terus terjadi.

Tumor dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, semisal di tulang, rahang, mulut, dan kulit, dan ada yang bersifat jinak maupun ganas. Yang dimaksud dengan tumor jinak adalah tumor yang tidak menyerang sel normal di sekitarnya dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Sedangkan tumor ganas bersifat sebaliknya, dan disebut dengan kanker.

Selain itu, di antara tumor jinak dan tumor ganas, ada jenis tumor yang dinamakan tumor prakanker. Tumor prakanker bukanlah kanker, tetapi dapat menjadi kanker bila tidak diobati.


Resep Herbal HPA nya :
- Sharkcartilage 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 2 softgel
- Lakukan Berbekam
=========================================
139. Tyroid

Kelenjar tiroid adalah organ berbentuk kupu-kupu yang terletak tepat di bawah jakun. Kelenjar ini memiliki fungsi penting, yaitu untuk memproduksi hormon tiroid yang berperan dalam berbagai proses-proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh.

Pada kondisi normal, kinerja kelenjar tiroid cenderung tidak kita sadari sama seperti organ-organ dalam yang lain. Tetapi jika terjadi pembengkakan, kelenjar tiroid akan membentuk benjolan pada leher. Inilah yang disebut gondok.

GEJALA :
Benjolan yang berukuran kecil biasanya tidak menyebabkan gejala apa pun. Meski demikian, benjolan tersebut dapat memengaruhi pernapasan serta menyebabkan penderita sulit menelan jika bertambah besar.

Gejala-gejala lain tenggorokan yang terasa sesak, perubahan suara (misalnya menjadi serak), batuk-batuk, serta kesulitan bernapas dan menelan.


Resep Herbal HPA nya :
- IMS Sepray pada mulut dan bawah Lidah 3x
- Sharkcartilage 3 x 3 Kapsul
- SOS 3 x 2 softgel
=========================================
140. Usus Buntu

Usus buntu adalah organ berbentuk tabung kecil dan tipis berukuran 5-10 cm yang terhubung di usus besar (tempat tinja terbentuk).

Jika mengalami pembengkakan dan peradangan, penyakit usus buntu atau apendisitis dapat menyebabkan komplikasi serius.

GEJALA :
Sakit perut yang mengindikasikan penyakit ini biasanya berawal di perut bagian tengah. Pada awalnya, rasa sakit itu datang dan pergi. Beberapa jam kemudian, rasa sakit akan berpindah ke perut kanan bawah (tempat usus buntu berada) lalu bertambah parah dan terus terasa.


Resep Herbal HPA nya :
- Zaitun 2 sdm per 2 jam sekali selama 1 x 24 jam
- HTA 3 x 3 Kapsul
- Spirulina 3 x 3 Kapsul
=========================================
141. Varises

Varises (varices) adalah pembuluh darah balik (vena) yang melebar dan berkelok-kelok akibat gangguan (hambatan) aliran darah. Ini terjadi lantaran ketidakmampuan katub (klep) vena dalam mengatur aliran darah.

Akibatnya aliran darah yang seharusnya mengalir lancar ke arah jantung, mengalami hambatan dan terjadi arus balik sebagian aliran darah dalam pembuluh darah vena, sehingga pembuluh darah vena melebar dan berkelok-kelok.

GEJALA :
Faktor Keturunan, Kehamilan, Kurang gerak, Merokok, Terlalu banyak berdiri, Kolesterol tinggi, Kencing manis, Sepatu hak tinggi.


Resep Herbal HPA nya :
- SOS 3 x 3 Softgel
- HTA 3 x 3 Kapsul
- Gamat 3 x 3 Kapsul
=========================================
142. Vertigo

Vertigo (dari bahasa Latin vert "gerakan berputar") adalah salah satu bentuk sakit kepala di mana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang) yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular.

GEJALA :
Vertigo merupakan gejala dari suatu kondisi kesehatan yang ditandai oleh sensasi pusing yang tidak diinginkan.

Vertigo membuat tubuh terasa ditarik dari satu sisi ke sisi lain dan sering diperparah dengan sensasi berputar.

Tergantung pada penyebabnya, gejala vertigo biasanya meliputi mual dan gangguan keseimbangan yang disertai dengan sakit kepala, peka terhadap cahaya, nyeri otot, dan kelelahan.

Beberapa kondisi yang menyebabkan vertigo seperti penyakit Meniere biasanya diiringi dering di telinga, gangguan pendengaran, atau tekanan di telinga.


Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- HTA 3 x 3 Kapsul
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Lakukan Berbekam di anjurkan juga ambil di kepala
=========================================
143. Vitiligo

Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit. Seberapa luasnya vitiligo dapat menyerang kulit seseorang dan seberapa parah hilangnya warna kulit sangat bervariasi dan tidak dapat diprediksikan. Vitiligo dapat menyerang bagian kulit manapun di tubuh, dan tidak menutup kemungkinan dapat mengenai rambut, bagian dalam mulut, dan bahkan mata.

Pada kondisi normal, warna kulit, rambut, dan mata ditentukan oleh suatu pigmen yang disebut melanin. Pada vitiligo, sel-sel yang membentuk melanin berhenti berfungsi atau mati. Maka dari itu, terbentuklah bercak-bercak putih pada kulit akibat melanin tidak mampu memproduksi warna kulit.

Vitiligo merupakan penyakit jangka panjang ini dapat terjadi pada segala usia, tapi sebagian besar dialami sebelum pengidap berusia 20 tahun. Meskipun vitiligo dapat menyerang orang dengan berbagai jenis dan warna kulit, gejalanya mungkin akan tampak lebih jelas pada orang dengan kulit hitam.

Vitiligo juga terbagi ke dalam dua kategori, yaitu vitiligo menyeluruh yang menyerang kedua sisi tubuh dan vitiligo yang hanya terjadi pada bagian-bagian tertentu atau salah satu sisi tubuh saja. Jenis yang paling umum adalah vitiligo menyeluruh dengan jumlah pengidap yang diperkirakan sekitar 90 persen.

Meskipun tidak menular dan tidak berbahaya, vitiligo dapat membuat penderitanya merasa kurang percaya diri dan stres. Pengobatan vitiligo hanya bertujuan untuk memperbaiki penampilan kulit, namun tidak dapat menyembuhkan penyakit.

GEJALA :
Vitiligo dapat menyerang seluruh kulit tubuh pengidapnya. Beberapa bagian tubuh yang rentan terserang vitiligo adalah permukaan kulit yang paling sering terpajan sinar matahari seperti tangan, kaki, wajah, bibir, jari-jari tangan, serta leher. Vitiligo juga dapat menyerang akar rambut dan menyebabkan tumbuhnya uban pada rambut, bulu mata, alis, dan janggut.

Apabila Anda mengidap penyakit ini, gejala utama yang paling menonjol adalah munculnya bercak-bercak yang awalnya berwarna lebih muda dari kulit normal kemudian berubah menjadi putih. Tepiannya terkadang memerah dan mengalami inflamasi atau berubah warna menjadi cokelat.

Bercak-bercak tersebut umumnya permanen dan lebih rentan terbakar sinar matahari. Meski tidak menyebabkan iritasi atau ruam, bercak vitiligo bisa terasa gatal.

PENYEBAB :
Warna kulit seseorang ditentukan oleh sebuah pigmen yang disebut dengan melanin. Melanin dihasilkan oleh sel-sel kulit yang disebut dengan melanosit. Pada kasus vertigo, jumlah melanosit tidak memadai untuk menghasilkan melanin pada kulit, sehingga akan terbentuk bercak berwarna putih di area kulit ataupun rambut.

Hingga saat ini, penyebab kurangnya melanosit masih belum diketahui secara pasti, namun beberapa pakar menduga kondisi ini dipicu oleh sejumlah seperti:

  • Penyakit autoimun. Autoimun merupakan suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel tubuh yang sehat, salah satunya adalah melanosit di kulit.
  • Riwayat keluarga (keturunan).
  • Kondisi yang memicu terjadinya vitiligo, seperti terbakar sinar matahari, stres, atau paparan bahan-bahan kimia.
  • Melanin yang menentukan warna kulit dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Resep Herbal HPA nya :
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Habat Gel 3 x 3 Softgel
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- MPH Hangat Balurkan
=========================================
144. Wasir

Wasir atau ambeien adalah kondisi patologis membengkak atau meradangnya Hemorrhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol buang air besar. Dalam kondisi fisiologisnya, bagian ini bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio-vena dan jaringan ikat.

GEJALA :
Gejala patologis wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya timbul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus.


Resep Herbal HPA nya :
- HTA/PELAWAS 3 x 3 Kapsul
- Spirulina : 3 x 2 kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- MPH Oleskan Pada Anus
=========================================
145. Xerosis

Xerosis adalah istilah medis untuk menjelaskan kondisi kulit kering. Nama xerosis muncul dari bahasa Yunani, yaitu ¡°xero¡± yang berarti kering. Xerosis adalah penyakit yang umum terjadi di masyarakat, terutama di kalangan lansia. Penyakit ini biasanya terjadi dalam tempo yang singkat, namun tidak menutup kemungkinan terjadi dalam waktu yang lama (kronis).

Kulit manusia membutuhkan pelembab untuk tetap lembut dan sehat. Seiring bertambahnya usia, kelembaban kulit semakin berkurang karena kerja kelenjar minyak yang menurun dan asupan cairan juga cenderung berkurang pada lansia. Hal itulah yang menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar. Kulit yang kering secara tidak langsung akan mengganggu penampilan dan rasa percaya diri seseorang.

Xerosis bisa terjadi pada lelaki maupun perempuan tanpa memandang usia, namun orang tua memiliki risiko yang lebih tinggi mengidap kondisi ini. Orang-orang yang tinggal di tempat bersuhu rendah, di wilayah dengan kelembaban rendah, serta sering berenang di kolam yang telah diklorinasi juga memiliki risiko yang lebih tinggi.

Mengonsumsi air mineral yang cukup setiap hari sebetulnya bisa membantu mencegah xerosis, namun kebiasaan itu belum tentu cukup karena xerosis juga dipengaruhi oleh banyak faktor lainnya. Agar terhindar dari dampak yang lebih serius, penting bagi kita semua untuk mengetahui penyebab dan gejalanya.

GEJALA :
  • Kulit terasa kering, kasar, gatal, dan bersisik, terutama di lengan dan kaki
  • Kulit tampak pucat, kusam, dan berwarna keputih-putihan
  • Kulit mengalami iritasi dan menjadi kemerah-merahan
  • Kulit pecah-pecah, mengelupas, dan mungkin berdarah

PENYEBAB :
  • Tinggal di daerah dingin dengan tingkat kelembaban yang rendah.
  • Penggunaan sabun dengan kandungan kimia yang berbahaya.
  • Sering menggosok kulit dengan keras dan kasar.
  • Mandi terlalu sering dalam sehari.
  • Terlalu lama terpapar sinar matahari.
  • Sering mandi dengan air panas.
  • Kekurangan air (dehidrasi).
  • Mengeringkan kulit dengan terlalu keras menggunakan handuk setelah mandi.

Resep Herbal HPA nya :
- HGH II Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- Spirulina : 3 x 2 kapsul
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- Mandi Pakai Sabun HPA
=========================================
146. Zika Virus

Virus Zika adalah virus yang penyebarannya terjadi melalui perantara gigitan nyamuk, terutama spesies Aedes aegypti. Jenis nyamuk ini adalah jenis nyamuk yang sama dengan nyamuk penyebar virus dengue, chikungunya, dan demam kuning. Virus Zika menyebabkan penyakit Zika (Zika disease) atau demam Zika (Zika fever).

PENYEBAB :
Penyebab penyakit Zika atau demam Zika adalah virus Zika. Virus Zika termasuk ke dalam kelompok virus flavivirus yang masih berasal dari keluarga yang sama dengan virus penyebab demam berdarah.

Nyamuk Aedes aegypti mengambil dan membawa virus Zika dari manusia yang telah terinfeksi virus tersebut. Melalui gigitannya, nyamuk Aedes aegypti menyebarkan virus Zika kembali kepada manusia yang belum terinfeksi.

GEJALA :
Biasanya bersifat ringan dan baru muncul 3-12 hari setelah tergigit. Gejala-gejala yang umumnya muncul, antara lain:
  • Tubuh terasa lemah dan lelah.
  • Demam.
  • Sakit kepala.
  • Ruam.
  • Nyeri otot.
  • Nyeri sendi.
  • Konjungtivitis atau peradangan kelopak mata.

Resep Herbal HPA nya :
- EPS Sepray Pada Wajah, mulut dan Bawah Lidah
- Kopi Radix 3 x 1 saset
- Gamat 3 x 3 Kapsul
- SJ2 3 x 3 Kapsul

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENYAKIT DAN RESEP HERBAL HPA"

Posting Komentar